Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ingat, Pengecekan Suhu di Pergelangan Tangan Tidak Akurat

Topcareer.id-Selama pandemi ini, tentu kamu sering menjumpai petugas pengecekan suhu ketika akan masuk ke temapt-tempat umum, seperti kantor, pusat perbelanjaan, tempat gym, rumah sakit dan lainnya.

Biasanya pengecekan suhu ini dilakukan menggunakan thermo gun atau alat suhu yang berbentuk seperti pistol. Cara pemakaiannya pun cukup mudah hanya tinggal diarahkan ke beberapa bagian tubuh orang tersebut.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah paham dengan mengarahkan thermo gun ke area pergelangan tangan. Padahal suhu sumbu tubuh yang berada di bagian dalam atau core body temperature lebih akurat jika diukur dari dahi, lubang telinga, rongga mulut, ketiak, dan dubur.

Baca Juga: Awas, Virus Corona Dapat Bertahan 28 Hari di 2 Benda Ini

Alasan bagian tubuh ini menjadi titik ideal dalam pengukuran suhu tubuh adalah karena paling mendekati dengan core body temperature.

“Kita bisa lihat perbedaan antara pada bagian kepala dan juga pada bagian tangan dan kaki. Dimana suhu tubuh pada bagian tangan dan kaki pasti kalau diukur suhunya itu sudah jauh dari suhu sumbu tubuh atau core body temperature.Jadi hasil suhu tubuh yang dihasilkan dari pemeriksaan itu jadi tidak akurat lagi,” ujar Tim Pakar dan dokter muda Satgas Covid-19, dr. Budi Santoso di Jakarta (7/8/2020).

Pada kesempatan yang sama, Tim Pakar dan Dokter Muda Satuan Tugas Penanganan Covid-19 lainnya, dr. Shela Rachmayanti juga menepis kabar mengenai radiasi yang dapat ditimbulkan dari sinar thermo gun ini.

“Sekali lagi, thermometer ini tidak mengeluarkan sinar yang bisa mengeluarkan radiasi jadi tidak berbahaya untuk otak maupun syaraf yang ada di mata,” pungkasnya.

Jadi sudahkah kamu menggunakan thermo gun dengan benar?**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply