Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juni 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Teknik Networking Sukses di Masa Pandemi

Ilustrasi. (dok. Kolaborato)

Topcareer.id – Berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang tak pernah kita alami sebelumnya membuat bersosialisasi atau membangun networking menjadi tantangan tersendiri. Dulu sebelum pandemi, peluang jaringan yang paling sukses terjadi secara langsung dengan pertemuan makan siang dan ngopi.

Dengan banyaknya karyawan yang sekarang bekerja dari rumah, kemampuan networking telah terpengaruh secara signifikan. Coba gunakan teknik networking di masa pandemi ini demi menjaga profesionalitas karier, seperti dilansir dari The Ladders.

1. Tentukan tujuan yang jelas

Memikirkan tujuan networking sebelumnya akan memaksimalkan upayamu, jadi kamu akan lebih fokus pada waktu terhadap koneksi yang penting. Hindari membangun koneksi dengan sedikit atau tidak ada nilai bagimu, jadi kamu memfokuskan perhatian pada hubungan yang saling menguntungkan.

Saat kamu terus membangun jaringan, fokuslah untuk terhubung dengan orang-orang di posisi yang kamu inginkan untuk bekerja di masa depan dan orang lain yang menawarkan koneksi yang saling menguntungkan.

2. Gunakan LinkedIn

Jika kamu belum melakukannya, mulailah membangun koneksi melalui LinkedIn. LinkedIn adalah sumber daya yang sangat baik untuk terhubung dengan profesional bisnis yang secara aktif mencari peluang jaringan. Dengan LinkedIn, kamu dapat mencari profesional berdasarkan pengalaman, perusahaan saat ini, dan minat mereka.

3. Kirim pesan teks dan email ke koneksi yang sudah kamu buat

Jaringanmu saat ini harus terus dipelihara untuk membuka peluang tambahan. Hubungi mereka yang ada di jaringanmu secara pribadi dengan menanyakan kabar mereka dan apakah ada yang dapat kamu lakukan untuk mereka. Hindari email tertutup atau pesan teks yang tidak bersifat pribadi. Tanyakan kepada orang-orang di jaringan tentang proyek mereka saat ini, dan apakah ada sesuatu yang dapat kamu bantu.

4. Gunakan Zoom untuk rapat cepat 15 menit

Untuk menutupi kurangnya pertemuan di kedai kopi, tanyakan koneksi saat ini atau yang potensial jika mereka memiliki waktu 15 menit untuk melakukan panggilan Zoom untuk mendiskusikan peristiwa dan peluang terkini.

Kita semua kehabisan waktu, jadi menetapkan batas waktu yang tegas dapat menunjukkan koneksi potensialmu bahwa kamu menghargai waktu mereka.

5. Gunakan jaringanmu saat ini untuk meningkatkan peluang

Manfaatkan jaringanmu saat ini dan minta mereka untuk memperkenalkanmu kepada orang lain di bidang terkait. Setiap koneksi memiliki jaringan pribadi mereka sendiri yang dapat mereka perkenalkan kepadamu.

6. Perjelas tentang apa yang bisa kamu tawarkan

Saat menjangkau koneksi baru melalui media sosial atau email, nyatakan dengan jelas apa yang dapat kamu tawarkan kepada mereka. Ini bukan waktunya untuk menjual produk, tetapi gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kemungkinan hubungan antara ambisi dan kemauanmu untuk membantu orang lain.

7. Tingkatkan kontakmu dengan koneksi yang mapan

Kita semua dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan jaringan kita saat ini. Gunakan waktu ini untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi ke sebanyak mungkin orang di jaringanmu untuk membina hubungan ini.**(Feb)

Tinggalkan Balasan