Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Prediksi Pakar Soal Covid-19 Mengubah Teknologi Tempat Kerja (Bagian 1)

Topcareer.id – Pandemi virus corona telah memaksa perubahan dalam teknologi tempat kerja dan diprediksi akan berlanjut lama setelah vaksin yang efektif diproduksi.

Kemungkinan perubahan yang mungkin terjadi antara lain: inovasi dalam komunikasi video yang memungkinkan orang menggunakan avatar untuk melakukan percakapan empat mata selama panggilan grup, peningkatan penggunaan kecerdasan buatan (AI), dan peningkatan teknologi yang dapat membantu organisasi meningkatkan keselamatan tempat kerja.

Menurut para pakar di bidang teknologi tempat kerja, berikut ini 8 prediksi mereka.

Bagian pertama dari artikel:

1) Tidak ada tempat senyaman rumah

Ada ledakan besar inovasi untuk menjadikan bekerja dari rumah lebih efektif. Misalnya, kelemahan besar dari video call adalah hanya ada satu saluran komunikasi. Anda tidak dapat melakukan percakapan sampingan dengan seseorang yang sedang menelepon. Namun dalam panggilan konferensi di masa mendatang, avatar akan membuat kita ditempatkan di sekitar meja. Jadi kita dapat berbicara langsung dengan orang-orang terdekat, meniru apa yang kita alami dengan pertemuan langsung. Hal yang sama berlaku untuk video, memberi kita kemampuan untuk memberi sinyal dan menunjukkan ekspresi kepada beberapa orang dari setiap peserta.

Baca Juga: Maskapai Bakal Wajibkan Penumpang untuk Vaksin Covid-19 Sebelum Terbang

Di rumah, peralatan kantor akan dirancang agar sesuai dengan kehidupan rumah tangga. Hingga saat ini sebagian besar perabot dan peralatan kantor berwarna hitam dan metalik, tetapi bukan seperti itu tampilan kantor rumah, terutama yang berada di apartemen. Jadi, akan ada lonjakan peralatan kantor yang dirancang untuk menyatu dengan furnitur rumah dengan desain lebih lembut dan didesain lebih alami yang memang bisa digunakan dalam kehidupan rumah.

“Nicholas Bloom, profesor ekonomi, Universitas Stanford”

2) Gangguan banyak orang

Hal-hal di tempat kerja tidak akan kembali seperti semula. Dalam desain fisik tempat kerja, kamu akan membutuhkan keseimbangan antara ruang kolaboratif dan pribadi. Sekarang ruang kerja akan didesain ulang untuk mengurangi kepadatan dan meningkatkan kemampuan beradaptasi. Workstation akan diberi jarak lebih jauh. Ruang konferensi video akan memungkinkan karyawan fisik dan virtual untuk bekerja bersama dengan lancar. Karyawan akan merotasi jadwal dan akan bekerja dari rumah beberapa hari dan di kantor pada hari lain. Kemungkinan akan ada peningkatan yang mencolok dalam penggunaan kantor satelit oleh perusahaan di kota-kota kecil.

Akan ada penekanan yang lebih besar pada teknologi kolaboratif, memungkinkan orang untuk bekerja dengan siapa saja, di mana saja, kapan saja. Kantor satelit akan dilengkapi dengan konferensi video modern dan solusi kolaborasi. Tim akan mengandalkan solusi manajemen proyek, yang memungkinkan tim jarak jauh untuk berkolaborasi dalam proyek.

“Mohanbir Sawhney, dekan inovasi digital, Kellogg School of Management, Northwestern University”

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply