Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Cara Bertahan Sehat hingga Vaksin Covid-19 Tiba

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Di tengah pandemi, kemungkinan besar saat ini kamu sedang menjalankan social distancing, untuk terhindar dari virus Corona penyebab Covid-19.

Namun, selain jaga jarak, menjaga kekuatan imun juga tidak boleh dilupakan. Menurut Spesialis Alergi, Imunologi, dan Penyakit Infeksi, Dr. Carl Lauter, untuk mendapatkannya, tidak mungkin hanya dilakukan dengan meminum suplemen atau melakukan diet.

“Kalau kau melihat iklan yang mengklaim jika melakukan hal itu bisa menambah imun, cepatlah kabur, itu bohong, palsu, dan tidak akan terjadi,” ucapnya.

Kalau begitu, apa yang harus kita lakukan? Seperti dikutip dari beaumont.org, Rabu (2/12/2020), 7 tips ini mungkin bisa kamu coba.

Jangan stres
Ahli penyakit dalam, Dr. Mateo Valenti menuturkan jika menurunkan tingkat stres adalah salah satu komponen penting untuk bisa menjaga imun tubuh. Ini terdengar sepele, tapi sebenarnya tidak mudah.

“Menurunkan stres, sehingga kamu bisa fokus hidup sehat, adalah hal yang paling penting,” ucapnya.

Tidur cukup
Selain menghindari stres, tidur yang nyenyak dan cukup juga memungkinkan tubuh untuk meremajakan diri dan melawan infeksi. Ini akan lebih baik jika dilakukan bersama dengan diet yang baik dan seimbang.

Baca juga: Catat, Vaksin hanya Diberikan kepada Orang yang Sehat

Makan banyak buah dan sayuran
Mengonsumsi berbagai buah dan sayuran seharusnya mampu menyediakan cukup zinc, vitamin D, serta mineral dan vitamin penting lainnya untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menjaga berat badan
Cobalah kurangi makanan yang diolah seperti kerupuk, keripik, roti, manisan, serta gorengan. Memakan lebih banyak sayuran dan buah-buahan seperti polong-polongan, kacang-kacangan, biji-bijian dan protein tanpa lemak seperti ikan atau ayam, akan membantumu menjaga berat badan.

Ingat, makanan olahan tidak akan membuat kamu kenyang, dan cenderung membuatmu makan lebih banyak.

Jangan asal diet
Diet yang sangat rendah karbohidrat harus dihindari karena karbohidrat menyediakan bahan bakar yang kamu butuhkan untuk melawan penyakit.

Makan makanan dengan probiotik, seperti yogurt, dapat membantu tubuhmu melawan penyakit dengan mendukung bakteri baik di ususmu. Makanan lain yang bisa membantu adalah bawang putih, bawang merah, jahe dan makanan fermentasi.

Olahraga
Rutinitas harian 30-60 menit seperti aktivitas fisik intensitas rendah hingga sedang akan membantu tubuhmu berfungsi dengan baik. Tidak perlu berlebihan karena terlalu banyak olahraga dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada tubuh dan justru memberikan efek sebaliknya.

Tetap terhidrasi
Minumlah banyak air. Demikian pula, hindari konsumsi alkohol berlebihan karena dapat bertindak sebagai diuretik dan mengurangi hidrasi.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply