Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Di Era Pandemi, Haruskah Anak-Anak yang Berolahraga Memakai Masker?

Ilustrasi Masker. Dok: Jonny Belvedere/Pixabay

Topcareer.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut anak-anak berusia 5 tahun dan di bawah 5 tahun sebaiknya tidak diwajibkan memakai masker. Bagaimana jika anak-anak melakukan aktivitas berolahraga di luar? Apakah tetap wajib memakai masker demi mencegah penularan?

Dalam laman QnA WHO Indonesia, disebutkan bahwa anak-anak sebaiknya tidak memakai masker saat berolahraga atau saat melakukan aktivitas fisik seperti berlari, melompat, atau bermain di tempat bermain, sehingga pernapasannya tidak terganggu.

“Dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan ini bagi anak-anak, semua langkah kesehatan masyarakat lainnya penting untuk digalakkan: menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, membatasi jumlah anak yang bermain bersama, dan menyediakan akses sarana mencuci tangan serta mendorong penggunaan sarana tersebut,” sebut WHO.

Baca juga: Pilihan Masker yang Tepat untuk Anak-Anak, sesuai Rekomendasi WHO

Di saat pandemic ini, sebagian anak-anak mungkin tidak bisa menggunakan masker karena disabilitas atau situasi tertentu lainnya, seperti belajar dengan guru di mana guru perlu melihat mulut anak-anak.

Dalam hal-hal ini, WHO merekomendasikan pelindung wajah (face shield) sebagai alternatif untuk masker, tetapi pelindung wajah tidak memberikan perlindungan yang setara dalam hal mencegah transmisi virus kepada orang lain.

“Jika pelindung wajah diputuskan untuk digunakan, pelindung wajah harus menutupi seluruh wajah, melengkung ke samping wajah, dan mencapai bawah dagu.”

Pemasangan pelindung wajah harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan yang dapat mematahkan pelindung wajah dan mencederai mata atau wajah.**(Feb)

Leave a Reply