Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jenis Cangkir atau Gelas bisa Pengaruhi Kualitas Rasa Kopi

Ilustrasi: AARP

Topcareer.id – Bagi kamu para penyuka kopi, mungkin momen paling menenangkan dalam hari kamu bisa jadi saat kamu menikmati secangkir kopi.

Untuk mendapatkan pengalaman minum kopi yang terbaik, pilihlah bahan cangkir kopi terbaik agar kualitas rasa kopi tetap terjaga.

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kopi yang kamu minum terasa agak sedikit aneh ketika kamu menggunakan cangkir yang berbeda-beda? Jenis material cangkir kopi bisa mempengaruhi rasa kopi kamu bahkan sebelum kamu menyesapnya.

Jika kamu memang seorang pencinta kopi yang bangga menikmati secangkir kopi yang diseduh sempurna dan beraroma, kamu harus mulai mempertimbangkan material cangkir kopi kamu dan bagaimana menggunakannya.

Berikut ini panduan bagi kamu agar pengalaman minum kopi menjadi lebih nikmat.

Baca juga: Ternyata, Kopi dapat Tingkatkan Energi dan Efisiensi Solar Cell

Hindari penggunaan cangkir kertas, plastik atau styrofoam
Jika kamu sedang terburu-buru, wajar jika kamu meembeli secangkir kopi instan yang cepat dan murah dengan menggunakan cangkir atau gelas berbahan kertas, plastil, maupun styrofoam.

Kamu mungkin tidak menyadari pada awalnya ketika minum kopi dari cangkir yang terbuat dari bahan ini. Tetapi seiring waktu kamu akan mulai memperhatikan bahwa rasa kopi kamu telah dirusak.

Material tersebut tak hanya membuat kopi terasa buruk tetapi juga melepaskan bahan-bahan beracun ke dalam kopi kamu yang berada cukup lama di dalamnya.

Biasakan mencuci cangkir kopi secara teratur
Cangkir kopi yang masih memiliki sisa minyak yang menempel di sisi cangkir akan tercampur saat kamu membuat kopi di cangkir tersebut. Untuk menghindarinya, biasakan menggunakan air panas dan sabun untuk mencuci cangkir kopi secara rutin.

Jika noda kopi membandel, buat ramuan dari sedikit cuka dengan air hangat dan biarkan di dalam cangkir selama sekitar satu jam kemudian bilas cangkir menggunakan air sabun hangat. Ini akan membantu menghilangkan noda sehingga rasa kopi kamu pada sesi minum berikutnya tetap terjaga kualitas rasanya.

Stainless steel pilihan terbaik kedua
Gelas atau mug berbahan stainless steel bisa menjadi pilihan terbaik kedua setelah cangkir atau gelas berbahan porselen. Stainless steel memiliki sifat tidak keropos dan tahan panas yang tidak akan mempengaruhi rasa kopi yang baru diseduh.

Namun, stainless steel perlu dibilas terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menghindari rasa logam.

Porselen tetap merupakan material cangkir kopi terbaik
Cangkir porselen tetap menjadi pilihan teratas untuk mendapatkan kopi dengan rasa terbaik yang terjaga dan sempurna. Porselen memiliki sifat tidak keropos dan tahan panas yang membantu kopi menahan panas lebih lama, sekaligus mempertahankan kualitas rasanya.

Tidak hanya cocok untuk cita rasa kopi, bahan porselen juga ramah lingkungan dan mudah ditemukan di mana saja.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan