Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, January 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Perusahaan Jepang Ini Mau Membayar Wajahmu Seharga Rp 5,4 Juta. Tertarik?

Topcareer.id – Apakah kamu pernah memiliki keinginan untuk menjual wajahmu? Jika jawabannya ya, ada perusahaan Jepang yang mau membelinya.

Ini adalah bisnis untuk membeli hak atas wajah seseorang sehingga dapat menjualnya dalam bentuk masker cetak 3D yang hiper-realistis.

Sejak Kamenya Omoto, pembuat dan toko masker khusus yang berbasis di Tokyo mengumumkan niatnya untuk membeli hak atas wajah orang-orang seharga 40.000 yen atau sekitar Rp 5,4 juta, tawaran itu langsung banyak menarik minat banyak orang.

Perusahaan ingin mereproduksi wajah orang dalam bentuk topeng hiper-realistis dan menjualnya dengan harga US $ 940 atau sekitar Rp 13 juta. Jika masker terbukti populer di kalangan klien, orang yang penampilannya menginspirasinya akan memperoleh persentase dari keuntungan juga.

Baca Juga: Perusahaan Jepang Rilis Masker Seharga Rp 135 Juta

Proyek kontroversial ini bernama “That Face”, dilaporkan bertujuan untuk memberikan sentuhan fiksi ilmiah pada ide jual beli wajah.

Di era di mana privasi dan data pribadi tampaknya lebih penting dari sebelumnya, konsep menjual hak wajah untuk mendapatkan keuntungan tampaknya sangat aneh, tetapi dilihat dari tanggapan yang didapat Kamenya Omoto dalam sebulan terakhir, konsep itu menjadi sangat populer dan diterima dengan baik.

Setelah mengumumkan rencana untuk membeli hak atas wajah orang, Kamenya Omoto dibanjiri oleh tawaran dan pertanyaan tentang proyek tersebut. Meskipun programnya terbatas di Tokyo, peminatnya begitu besar sehingga perusahaan kewalahan dan memutuskan untuk memilih wajah melalui undian.

Siapa pun yang berusia di atas 20 tahun dan berbasis di Tokyo dapat melamar untuk menjual wajah mereka demi keuntungan, tetapi perusahaan menjelaskan bahwa mereka yang terpilih tidak diizinkan untuk mengungkapkan identitas mereka. Pembuat masker juga setuju untuk tidak mengungkapkan kemiripan atau informasi pribadi kepada siapa pun di luar proses pembuatan masker hiper-realsitis tersebut.

Pelanggan yang tertarik untuk memakai wajah orang lain sebagai masker saat ini dapat memesannya terlebih dahulu dan menggunakan wajah penjaga toko Kamenya Omoto, tetapi jika menginginkan opsi lain, perusahaan akan segera mengumumkan lebih banyak wajah yang tersedia.

“Kami akan membeli dan menjual wajah Anda.” Cerita fiksi ilmiah kini telah menjadi kenyataan. Belum ada yang tahu apa yang akan terjadi pada dunia yang penuh dengan wajah yang sama denganmu.” Caption pada situs Kamenya Omoto.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply