Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Tanda Halus Kamu Digaji Lebih Rendah dari Seharusnya (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. NYC Offices Suites)

Topcareer.id – Apakah kamu pernah gelisah atau menggerutu merasa bahwa seharusnya gajimu lebih tinggi dari semestinya? Mungkin mengabaikan hal itu bisa merugikanmu ratusan ribu. Mungkin memang gajimu terlalu rendah untuk peran dan tanggung jawabmu di perusahaan.

Tapi, bagaimana cara mengetahuinya bahwa gajimu lebih rendah dari tanggung jawab pekerjaan? Ada tanda-tanda halus dan jelas bahwa kamu dibayar kurang dari yang seharusnya. Berikut adalah tujuh tanda yang harus diperhatikan terkait dengan situasi penghasilanmu saat ini, menurut The Ladders.

1. Deskripsi pekerjaanmu telah berubah dalam kenyataannya, tetapi tidak secara tertulis

“Jika kamu mengembangkan keterampilan, pengalaman, dan tanggung jawab saat kamu tumbuh dan berkembang dalam peranmu, seringkali hal itu mengambil lebih dari yang diminta oleh deskripsi pekerjaanmu (dan kontrak awal),” kata Pelatih Karier Kepercayaan, Charlotte Crabtree.

Saat kamu mengambil proyek tambahan dan memikul lebih banyak tanggung jawab, gajimu harusnya meningkat agar sesuai dengan situasi barumu. Namun, perluasan deskripsi pekerjaan tanpa kenaikan gaji tidak selalu merupakan tanda bahaya langsung. Ada momen transisi yang diharapkan peranmu akan berkembang. Pastikan saja mereka mengarah pada diskusi gaji.

2. Kamu mendukung dan melatih anggota tim lainnya

Menurut Crabtree, jika kamu mendukung dan melatih anggota tim lain tanpa menjadi manajer mereka, itu mungkin indikasi kamu dibayar rendah.

“Ini menunjukkan kamu beroperasi pada level yang lebih tinggi dari rekan-rekanmu dan harus diberi kompensasi sesuai dengan pengalamanmu,” katanya.

Baca juga: 3 Skills Yang Akan Paling Dicari Pemberi Kerja Tahun 2021

3. Kamu bekerja lembur, sepanjang waktu, tanpa akhir yang terlihat

Menjadi orang yang berprestasi tinggi berarti kamu memiliki kecenderungan untuk memberikan segalanya. Bagaimanapun, kamu bangga dengan etos kerjamu dan selalu bertujuan untuk melebihi harapan dan bekerja dengan baik. Namun jika tidak ada diskusi tentang pengembangan karier dan kamu terus-menerus melakukan yang terbaik, kamu mungkin tidak dibayar dengan cukup.

“Jika kamu pandai dalam pekerjaan dan umumnya orang yang produktif, ini adalah tanda kekurangan sumber daya dan atasanmu akan menyetujui kamu melakukan pekerjaan dengan lebih dari satu gaji,” kata Crabtree.

4. Teman-temanmu memiliki gaya hidup yang sangat berbeda

Apakah semua rekan kerjamu membeli rumah atau mengoceh tentang mobil baru mereka? Apakah kamu satu-satunya yang membawa bekal makan siang setiap hari? Ini mungkin merupakan indikator yang mengejutkan bahwa gajimu saat ini di bawah standar. Ingatlah bahwa ini hanya berlaku untuk rekan yang berada di level yang sama denganmu – bukan mereka yang memiliki peran yang lebih senior.

“Jika kamu memasak banyak sepanjang akhir pekan daripada makan di luar dan menabung untuk staycation sementara semua orang yang kamu kenal sedang mengupgrade mobil atau pindah rumah, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka memiliki pendapatan yang lebih tinggi daripada kamu,” kata Crabtree.**(Feb)

Tinggalkan Balasan