Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

3 Skills yang Akan Paling Dicari Pemberi Kerja Tahun 2021

Topcareer.id – Cara kita bekerja di tahun 2020 ini membawa banyak sekali perubahan. Itu juga berarti keterampilan di resume yang perlu disoroti untuk 2021 pun akan berganti, atau malah sama sekali tampak berbeda.

Pencari kerja cerdas yang mengikuti tren perekrutan terkini ingin fokus menyoroti keterampilan yang ingin dilihat lebih banyak oleh pemberi kerja untuk tahun depan.

“Kamu harus menyoroti keterampilanmu di seluruh resume, khususnya ketika kamu berbicara tentang pengaruhmu pada peran sebelumnya dan di bagian keterampilan jika kamu memasukkannya,” kata Paulette Piñero, pemilik dan konsultan utama di LEAD Media, LLC memberitahu Ladders.

Baca Juga: Bosan di Rumah Saja Akibat PSBB? Yuk, Ciptakan Kebiasaan Baru yang Baik untuk Perkembangan Diri

Keterampilan khusus apa yang harus ditampilkan?

Setelah setahun penuh dengan perubahan di tempat kerja, sangat penting untuk memberi tahu calon pemberi kerja tentang apa yang dapat Anda berikan secara realistis.

“Kini semakin penting bagi pencari kerja untuk menyoroti keterampilan yang menunjukkan bahwa mereka mampu menyesuaikan diri dengan perubahan mendadak, dapat bekerja dengan baik dengan orang lain, dan bahwa mereka dapat transparan tentang beban kerja yang mereka miliki,” kata Piñero.

Di bawah ini adalah beberapa jenis keterampilan khusus yang akan dicari pemberi kerja di tahun 2021.

1. Change management

Piñero memberi tahu Ladders bahwa manajemen perubahan adalah tentang menjadi efektif dalam menerima perubahan dan mengetahui informasi apa yang kamu butuhkan setelah pergeseran tujuan atau sasaran. Kamu juga dapat menganggap istilah ini untuk menggambarkan kemampuanmu untuk beradaptasi – sesuatu yang harus kita lakukan sepanjang tahun 2020.

“Ini bukan tentang menyesuaikan perubahan hanya untuk setuju dengan atasanmu, ini tentang memahami ketika kamu mengalami kesulitan menyetujui keputusan yang tidak memiliki kekuatan untuk kamu ubah, advokasi diri, mendapatkan informasi dan kemudian bergabung dengan anggota tim lainnya untuk menyelesaikan proyek,” kata Piñero.

2. Kolaborasi silang (cross collaboration)

Terutama di lingkungan kerja jarak jauh, menyoroti kemampuanmu untuk berkolaborasi dengan orang lain di semua area pekerjaan, di resume sangat penting.

“Perusahaan ingin melihat bahwa bahkan dalam pengaturan jarak jauh atau virtual, kamu masih tahu cara berkolaborasi dengan orang di luar tim langsung untuk bekerja menuju tujuan perusahaan.”

3. Manajemen proyek

Saat kamu bekerja dari jarak jauh, atau bahkan hanya di kantor paruh waktu, atasan kamu tidak selalu dapat mengawasi apa yang kamu lakukan, jadi kemampuan untuk mengelola tugas secara mandiri sangatlah penting.

Piñero memberi tahu Ladders bahwa transparansi adalah kunci ketika orang-orang dalam tim tidak berada di ruang yang sama, yang membuat manajemen proyek menjadi keahlian teratas untuk dicantumkan di resumemu menuju tahun 2021.

“Pemberi kerja ingin melihat seberapa efisien dirimu dalam mengelola berbagai tugas dan kamu harus dapat menjelaskan progress-to-goals, apa hambatan terbesar, dan apa yang kamu habiskan di sebagian besar waktumu,” kata Piñero.**(RW)

Leave a Reply