Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Tips Persiapkan Wawancara Kerja Kedua dengan Matang

Dok. Business Linkedin

Topcareer.id – Biasanya wawancara pertama merupakan proses penyaringan untuk menyingkirkan ketidaksesuaian yang jelas bagi perusahaan. Sementara, mereka yang melanjutkan wawancara kedua memiliki pemahaman dasar tentang perusahaan dan persyaratan pekerjaan minimum yang dibutuhkan untuk berhasil.

Wawancara kedua adalah cara bagi perekrut untuk memahami kandidat lebih sebagai pribadi, daripada serangkaian kualifikasi. Kamu tak hanya ditanyai sekadar keterampilan dan pengalaman, tapi juga meliputi motivasi dan keterampilan pribadi akan dinilai lebih dalam wawancara kedua. Jadi bagaimana mempersiapkan wawancara kedua? Berikut tipsnya, berdasar The Ladders.

1. Lakukan riset

Jika kamu belum melakukannya, kembali ke titik awal dan kerjakan pekerjaan rumahmu untuk perusahaan. Wawancara kedua biasanya mengharuskanmu menyiapkan presentasi seperti kampanye singkat atau ikhtisar sistem. Jika babak kedua mencakup presentasi, pertahankan poinmu secara jelas dan ringkas. Lalu pastikan untuk menyertakan keterlibatan dan visual agar dewan tetap tertarik.

2. Siapkan rencana

Meskipun wawancara kedua lebih tentang dirimu sebagai pribadi, jangan tertipu dengan menganggapnya lebih santai. Pertanyaan mungkin kurang terstruktur dan memungkinkan tanggapan yang lebih terbuka. Bersiaplah dengan ide-ide otentikmu tentang bagaimana menyelesaikan masalah saat ini yang dihadapi perusahaan dan mengapa kamu berperan penting dalam menerapkan perubahan.

Baca juga: 5 Tips Tampil Lebih Natural Saat Wawancara Kerja

3. Gunakan wawancara pertama untuk keuntunganmu

Meskipun kita semua memiliki poin pembicaraan dan contoh spesifik yang ingin kita berikan, sering kali melupakan satu atau dua poin utama karena berada di bawah tekanan. Jika waktu dan keadaan memungkinkan, beri tahu panel bahwa kamu memikirkan lebih banyak tentang pertanyaan sebelumnya dan ingin mengembangkannya selama wawancara kedua.

4. Gunakan strategi 30, 60, 90 hari

Jika kamu melamar posisi manajemen, kamu harus memiliki rencana 30, 60, dan 90 hari untuk apa yang kamu harapkan dan bagaimana kamu akan mencapainya, kemukakan rencana itu saat wawancara. Miliki rencana di benakmu sebelumnya, tunjukkan kepada atasan bahwa kamu telah memvisualisasikan diri dalam peran tersebut dan bagaimana kamu akan sukses.

5. Gunakan contoh nyata sebelumnya dari pengalamanmu

Manajer perekrutan tidak ingin mendengar pendapatmu tentang apa yang akan kamu lakukan dalam suatu situasi; mereka ingin tahu apa yang telah kamu lakukan di masa lalu dan bagaimana kesuksesan atau kegagalan sebelumnya telah mempersiapkanmu untuk berhasil dalam organisasi mereka.

6. Bersiaplah untuk pertanyaan “mengapa Anda”

Sebagian besar wawancara akan menyertakan pertanyaan yang memungkinkanmu berbicara tentang dirimu sendiri. Pertanyaan ini mungkin tidak nyaman bagi beberapa orang yang kesulitan berbicara tentang diri mereka sendiri. Bersiaplah untuk pertanyaan ini. Buat garis besar di kepalamu tentang pencapaian, pengalaman, pendidikanmu sebelumnya, dan bagaimana hal itu terkait untuk berhasil di perusahaan pemberi kerja.**(Feb)

Leave a Reply