Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, January 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Bio Farma Siapkan 3 Juta Dosis Vaksin COVID-19 untuk Tenaga Kesehatan

1,2 juta dosis vaksin COVID-19 yang tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020) malam. (sumber: Setneg)

Topcareer.id – Bio Farma persiapkan 3 juta dosis vaksin COVID-19 dari Sinovac dalam bentuk finish product , yang akan terbagi dalam dua kali pengiriman. Total tiga juta dosis vaksin ini, diperuntukan bagi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan, sesuai rekomendasi dan kajian Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Vaksinasi untuk tahapan pertama akan diberikan kepada tenaga kesehatan tinggi di tujuh provinsi di Pulau Jawa dan Bali. Kemudian akan diperluas ke tenaga kesehatan non-komorbid di provinsi lainnya.

Pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan ini, tentu saja diberikan setelah izin penggunaan dalam keadaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA), dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, Bio Farma mengapresiasi dukungan besar yang telah diberikan pemerintah dan berbagai pihak, kementerian dan lembaga atas lancarnya proses kedatangan tahap perdana vaksin COVID-19 di Indonesia sebanyak 1,2 juta dosis vaksin siap pakai.

Sebagai BUMN, Bio Farma akan hadir untuk Indonesia untuk turut mendukung peran tenaga kesahatan sebagai garda terdepan dalam membantu mengatasi masalah pandemi COVID-19 ini, dengan memberikan vaksin kepada para tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19.

Baca juga: Moderna Siap Pasok 125 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Di Kuartal Pertama 2021

“Semoga dengan hadirnya vaksin COVID-19 untuk tenaga kesehatan, bisa memberikan keamanan dan perlindungan bagi mereka yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19 dan juga memberikan rasa aman bagi mereka,” kata Honesti dalam siaran pers, Selasa (8/12/2020).

Honesti menambahkan, setelah kedatangan ini, selanjutnya berturut-turut akan tiba pada bulan Desember 2020, sebanyak 15 juta dosis dalam bentuk bahan baku (bulk) dan sisa dari 3 juta dosis vaksin jadi, yaitu 1,8 juta dosis tambahan vaksin jadi kemasan single dose pada Januari 2021.

Masih bulan Januari 2021, akan tiba kembali dalam bentuk bulk sebanyak 30 juta dosis. Keseluruhan vaksin yang akan tiba, semuanya adalah jenis vaksin sama dengan yang tengah diuji klinik fase tiga di Indonesia, Brazil, dan beberapa negara lainnya.

“Total vaksin jadi yang kami terima pada 6 Desember 2020 adalah 1.200.568 vial siap pakai. Di mana 568 vial di antaranya, akan kami alokasikan untuk dilakukan pengujian mutu yang akan dilakukan di Bio Farma maupun di Badan POM,” jelas Honesti.

Selanjutnya, kata dia, Bio Farma akan fokus pada penyimpanan vaksin COVID-19 dan melakukan berbagai persiapan agar siap melakukan pendistribusian setelah mendapat izin penggunaan dari Badan POM.

Leave a Reply