Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Hari Paling Baik dan Dianjurkan untuk Melamar Pekerjaan

IlustrasiIlustrasi Interview

Topcareer.id – Pernahkah kamu berpikir untuk melamar pekerjaan di hari-hari tertentu atau anggap saja hari baik. Apakah menurutmu ada hari baik untuk melamar kerja? Sebuah studi oleh Smart Recruiters menemukan jawaban itu.

Statistik menunjukkan, rata-rata pekerjaan di perusahaan mendapatkan lebih dari 250 resume. Dari resume tersebut, hanya 4 hingga 6 kandidat yang akan dipanggil untuk wawancara. Dan, tentu saja, hanya satu yang akan mendapatkan pekerjaan itu.

Oleh karena itu, apapun yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peluang kita mendapatkan pekerjaan, perlu dilakukan. Salah satunya adalah melamar pekerjaan di hari terbaik dalam seminggu.

Studi Smart Recruiters juga menemukan bahwa hari yang sama adalah hari paling populer bagi perusahaan untuk memposting pekerjaan baru dan ketika sejumlah besar kandidat dipekerjakan untuk posisi baru.

Baca juga: 6 Tips Persiapkan Wawancara Kerja Kedua Dengan Matang

Selasa adalah hari paling aktif untuk pekerjaan

Studi tersebut menemukan bahwa sebagian besar minggu dimuat di depan dengan posting pekerjaan baru. Dikatakan bahwa hampir 60% posting pekerjaan diterbitkan antara Senin dan Rabu di sebagian besar minggu, dengan Selasa menjadi hari terpanas dalam seminggu untuk pekerjaan baru.

Selasa juga merupakan hari paling populer untuk membuat keputusan perekrutan. Saat itulah mayoritas dari kita dipekerjakan untuk posisi baru.

“Untuk tim perekrutan dan pencari kerja, Selasa tampaknya menjadi hari ajaib untuk sukses dalam perekrutan,” tulis Smart Recruiters.

“Sebagai kandidat pekerjaan, luangkan waktu akhir pekan untuk menyelesaikan masalahmu, perbarui resume, dapatkan referensimu, dan perhatikan papan pekerjaan untuk posting baru selama awal minggu, khususnya pada hari Selasa.”

Studi ini juga mencatat bahwa kandidat yang melamar pekerjaan segera setelah mereka diposting memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengikuti wawancara putaran pertama, yang dapat menjadi elemen penting dalam mendapatkan pekerjaan. Mengapa? Karena semakin lama lowongan pekerjaan tidak terisi, semakin besar persaingannya.**(Feb)

Leave a Reply