Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Singapura Siap Jadi Pusat Distribusi Vaksin COVID-19 Untuk Asia Tenggara

Warga Singapura. (dok. Anadolu)

Topcareer.id – Singapura sudah siap untuk menjadi pusat pergerakan distribusi vaksin Covid-19 ke wilayah Asia Tenggara dan Pasifik Barat Daya ketika persetujuan peraturan yang lebih luas diperoleh.

Mr. Ho Yuen Sang, direktur industri penerbangan di Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) mengatakan, “Singapura dapat memainkan peran distribusi untuk daerah di mana infrastruktur untuk menangani volume besar vaksin mungkin terbatas.”

Mr. Ho mengatakan konektivitas udara Singapura serta kemampuannya untuk menyimpan pengiriman pada suhu ekstra dingin menempatkannya dalam posisi yang baik untuk menyimpan sementara vaksin.

Satuan tugas yang dipimpin bersama oleh CAAS dan Changi Airport Group (CAG), terdiri dari 18 anggota, termasuk Singapore Airlines (SIA), tim penanganan darat, mitra logistik, dan pihak berwenang.

Mengenai kemampuan Singapura untuk mempertahankan rantai dingin, direktur pengelola CAG untuk pengembangan hub udara Lim Ching Kiat mengatakan: “Kami telah banyak menekankan pada penguatan keunggulan kompetitif Changi dalam hal pengiriman kargo farmasi. Jadi Bandara Changi khususnya dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi hub pilihan utama untuk pengiriman farmasi.” Jelasnya.

Selusin perusahaan di pusat udara Changi telah menerima sertifikasi internasional untuk penanganan farmasi, dan pengelola darat Sats dan dnata juga telah berinvestasi dalam kemampuan untuk memelihara rantai dingin yang tidak terputus.

Satgas tersebut mengatakan bahwa SIA juga mengoperasikan beberapa penerbangan mingguan ke pusat farmasi utama Eropa, seperti Amsterdam, Brussels dan Frankfurt, dan memiliki jaringan yang luas di Asia Tenggara dan Pasifik Barat Daya, yang mencakup Australia dan New Zealand.

Batch pertama vaksin Pfizer sedang diproduksi di kota Puurs di Belgia dan akan diangkut dari Brussel. Pemain logistik utama seperti DHL, FedEx dan UPS juga memiliki hub regional di Singapura dengan konektivitas jaringan yang kuat dari Bandara Changi, kata gugus tugas tersebut.

Langkah untuk menempatkan Singapura sebagai pusat untuk mendistribusikan kargo vaksin dilakukan di tengah pertumbuhan penanganan kargo.

Mengenai pentingnya Changi bekerja menjadi pusat distribusi vaksin COVID-19, Mr. Lim mengatakan itu mewakili upaya kemanusiaan dan membantu membawa bisnis kargo ke bandara.

“Distribusi vaksin yang meluas adalah bagian yang sangat penting untuk pemulihan perjalanan penumpang, jadi kami juga memiliki kepentingan yang sangat besar untuk memastikan bahwa distribusi vaksin harus dibuat seefisien dan secepat mungkin,” tambahnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply