Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Agustus 4, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Mulus Minta Naik Gaji: Tingkatkan Percaya Diri

Ilustrasi. (dok. CLEO Singapore)

Topcareer.id – Meminta kenaikan gaji di tempat kerja bisa sangat menegangkan. Lagipula, kita tentu tidak ingin keluar dari kantor bos kita setelah mendapat jawaban “Tidak.” Terkadang, itu bahkan jadi hal memalukan.

Mereka yang berhasil menegosiasikan kenaikan gaji menggunakan satu taktik utama di seluruh proses yang sangat meningkatkan peluang untuk mendapatkan jawaban “Ya.”

Mungkinkah karena pencapaian kerja? Atau, mungkin kamu mendapatkan ulasan kinerja bintang 5 yang konsisten. Hal-hal ini memang membantu, tetapi apa kesamaannya?

Saat meminta kenaikan gaji, tingkatkan kepercayaan dirimu

Menurut The Ladders, tidak ada yang lebih penting selama negosiasi selain tingkat kepercayaan masing-masing pihak. Jika kamu terlihat pemalu atau lemah, kamu mungkin tidak akan mendapatkan jawaban yang kamu inginkan. Sebaliknya, tunjukkan kebanggaan dan kepercayaan diri saat kamu meminta kenaikan gaji. Bagaimana cara kerjanya?

Duduk tegak

Kelihatannya sangat sederhana, tetapi kamu mungkin akan terkejut dengan banyaknya orang yang membungkuk ketika mereka duduk. Bahasa tubuh yang tidak diucapkan ini mengkomunikasikan sesuatu yang tidak ingin kamu komunikasikan.

Selama negosiasi gaji, pertahankan postur tubuh yang lurus, waspada, dan dengarkan secara aktif. Jenis bahasa tubuh yang lebih percaya diri ini memberi tahu atasan bahwa kamu serius, termotivasi, dan benar-benar yakin bahwa kamu pantas mendapatkan lebih banyak uang.

Bicarakan pencapaian secara proaktif

Jangan menunggu bos bertanya mengapa kamu layak mendapatkan kenaikan gaji. Atau paling tidak, jangan membuatnya menarik perhatianmu. Bersikaplah terbuka sejak awal. Bicarakan tentang hal-hal yang telah kamu lakukan tanpa diminta bos.

Jangan berbicara dengan cepat. Sebaliknya, berbicaralah dengan lambat dan terkontrol, dan jangan pernah takut untuk membicarakan hal-hal yang telah kamu lakukan. Hal-hal itu akan memberimu lebih banyak uang.

Baca juga: Lakukan 5 Peregangan Ini Setelah Kerja Bisa Selamatkan Punggungmu

Cari promosi

Dalam banyak situasi, teknik psikologis ini dapat meningkatkan taruhannya sedikit selama negosiasi. Kepercayaan diri akan bersinar jika kamu kebetulan menyebutkan bahwa kamu merasa siap untuk langkah berikutnya (yaitu: promosi), dan ini menyiratkan kepada atasan bahwa kamu tidak hanya menginginkan lebih banyak uang, tetapi juga menginginkan lebih banyak tanggung jawab dalam organisasi.

Bersiaplah untuk berbicara uang dengan percaya diri

Orang yang percaya diri siap, terutama jika berbicara tentang uang secara spesifik. Sekali lagi, bersikap proaktif dengan jumlah uang yang kamu inginkan adalah tanda bahwa dirimu telah melakukan penelitian dan benar-benar yakin bahwa kamu dibayar rendah.

Misalnya, daripada mengatakan “Saya ingin kenaikan gaji,” pertimbangkan sesuatu yang lebih kuat, seperti, “Riset saya memberi tahu saya bahwa saya dibayar rendah hingga 15% untuk pekerjaan yang saya lakukan.”

Semoga berhasil.**(Feb)

Tinggalkan Balasan