Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Pandemi Covid-19, Waspada Bila Memiliki Penyakit Ini

Sumber foto: Medical News Today

Topcareer.id – Seperti kita tahu, penyakit Covid-19 bisa sangat berbahaya bagi beberapa golongan orang, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Statement ini pun diperkuat dengan hasil analisis yang dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional, PLOS One. Di mana mereka mengurutkan beberapa penyakit yang bisa membuat seseorang yang terjangkit virus corona, lebih berisiko mengalami kematian.

“Pertama, penyakit ginjal memiliki risiko kematian 13,7 kali lebih besar dibandingkan pasien yang tidak memiliki penyakit ginjal,” seperti dikutip dari Covid.go.id, Selasa (16/12/2020).

Kemudian, posisi kedua berada pada komorbid penyakit jantung, yang memiliki risiko kematian 9 kali lebih besar dibandingkan yang tidak memiliki penyakit jantung.

Setelah itu disusul dengan penyakit diabetes mellitus dengan risiko kematian hingga 8,3 kali, hipertensi 6 kali dan penyakit imun yang berisiko 6 kali lebih besar dibandingkan yang tidak memilikinya.

Meskipun begitu, resiko di atas masih lebih kecil dibandingkan dengan pasien yang memiliki 2 penyakit komorbid, di mana mereka berisiko 15 kali lipat lebih tinggi untuk meninggal saat terinfeksi Covid-19, dibandingkan yang tidak memiliki kondisi komorbid.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply