Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, January 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Cara Menurunkan Tingkat Gula Darah Secara Alami

Topcareer.id – Gula darah tinggi terjadi ketika tubuh kamu tidak dapat mengubah gula dalam darah menjadi energi untuk sel.

Ini adalah masalah umum bagi penderita diabetes, atau mereka yang berisiko. Jika tidak menurunkan tingkat gula darah, kamu bisa meningkatkan risiko komplikasi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kehilangan penglihatan.

Berikut ini enam cara untuk menurunkan gula darah kamu secara alami dari waktu ke waktu:

1) Turunkan berat badan dan berolahraga
Jalani program penurunan berat badan untuk membantu menurunkan kadar gula darah secara alami dari waktu ke waktu untuk menghindari diabetes tipe 2. Berolahragalah selama 150 menit dalam seminggu. Sebuah uji klinis menemukan bahwa orang yang menjalani program tersebut bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 58% selama tiga tahun.

Baca Juga: Waspada! Gula Darah Tinggi Picu Daya Ingat Menurun

2) Minum lebih banyak air mineral
Tetap terhidrasi dan minum banyak banyak air mineral dapat membantu mengatur kadar gula darah. “Minum cukup air mineral akan merehidrasi darah dan membantu ginjal membuang kelebihan gula dalam tubuh kita,” kata Dr. Lina Velikova, seorang penulis medis yang mempelajari penyakit autoimun. Ini adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada mengonsumsi minuman lain. Dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa orang yang minum lebih dari 1 liter air sehari 28% lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki gula darah tinggi.

3) Batasi karbohidrat
Karbo berdampak besar pada kadar gula darah. “Tubuh memecahnya menjadi gula, yang kemudian dipindahkan insulin ke dalam sel,” kata Velikova. “Pola makan yang tidak seimbang dan peningkatan asupan karbohidrat mungkin … mengganggu fungsi insulin, dan menyebabkan gula darah naik.” Jelasnya. Menghitung karbohidrat dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Usahakan untuk mendapatkan tidak lebih dari 45% kalori harian dari karbohidrat.

4) Tingkatkan serat
Mengonsumsi karbohidrat yang kaya serat seperti buah dan sayur dapat membantu menurunkan kadar gula darahmu secara alami. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Obesity Weight Management & Control menemukan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran kaya serat seperti pisang, beri, dan brokoli, dapat membantu menurunkan gula darah dan menurunkan berat badan.

5) Makan makanan dengan GI rendah
Indeks glikemik (GI) membantu menentukan peringkat makanan dengan cara pengaruhnya terhadap gula darah. Makanan dengan GI rendah melepaskan gula secara perlahan ke dalam sistem tubuhmu dan tidak membanjiri darahmu dengan gula sekaligus. “Memiliki pola makan yang sehat adalah cara yang terbukti menjaga gula darah dalam batas yang wajar,” kata Velikova. “Saya merekomendasikan makan makanan yang diserap tubuh secara perlahan, dengan indeks glikemik rendah dan sedang, seperti ubi jalar, oatmeal, dan sebagian besar buah-buahan, termasuk beri dan apel.” Ujarnya.

6) Kelola stres
Saat kamu stres, hormon seperti kortisol meningkatkan kadar gula darah dan membuat tubuhmu menjadi kurang efektif dalam menggunakan insulin. “Makan sehat, berolahraga, dan minum cukup air putih adalah cara terbaik untuk menurunkan kadar gula darah tinggi,” kata Velikova. “Namun, itu tidak akan cukup jika kita banyak stres.” Tambahnya. Kurangi stres dengan berolahraga, bermeditasi, atau menulis.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply