Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Menyesal Keluar Kerja? Begini Cara Agar Dipekerjakan Kembali

Topcareer.id – Apakah kamu menyesal keluar dari pekerjaanmu, dan sedang terpikir untuk melamar kembali di tempat yang sama?

Meski kedengarannya agak susah, namun ternyata hal ini bukan sesuatu yang mustahil lho. Bahkan jika saat ini kamu sudah terlanjur bekerja di tempat baru, yang ternyata tidak semenyenangkan di tempat lama.

Nah, kalau demikian, seperti dilansir dari The Balance Careers, setidaknya ada 5 hal yang bisa kamu pertimbangkan dan lakukan untuk mendapatkan pekerjaan lamamu.

Apakah kamu resign dengan cara yang baik?
Coba ingat kembali, bagaimana kamu resign dari perusahaan kamu? Salah satu kemungkinan terbaik untuk bisa bekerja lagi di perusahaan lama adalah melalui rekam jejak kamu selama di sana.

Jika hubungan kamu dan manager lama sempat memburuk, coba perbaiki dahulu hubungan kalian sebelum memutuskan untuk melamar kembali.

Apakah kamu masih tetap terhubung dengan mantan rekan kerja?
Jika jawabannya tidak, cobalah untuk berhubungan kembali dengan mereka melalui LinkedIn, Facebook, Twitter, dan Instagram. Beranikan diri untuk mengirim pesan dan menanyakan kabar.

Ingat, semakin terkoneksi kamu dengan mereka secara personal, maka akan semakin besar peluangmu untuk kembali bergabung.

Lakukan hal yang sama dengan Perusahaan
Ya, selain mantan rekan kerja, lakukanlah hal yang sama dengan perusahaanmu. Mulailah dengan mengikuti akun media sosial perusahaanmu, dan mencoba berbaur di sana. Minta mantan rekanmu untuk membantumu dalam hal ini.

Baca juga: Pemerintah Kabarkan Ada Varian Baru Virus Covid-19

Buat keputusan
Sebelum meminta, coba pikir baik-baik, apakah keinginanmu ini adalah hal yang benar-benar terbaik untuk kariermu saat ini.

Jangan sampai kamu meminta untuk dipekerjakan kembali hanya karena kamu malas mencari pekerjaan baru. Ingatlah apa yang membuatmu keluar saat itu, dan pastikan hal itu tak akan kembali terulang untuk menggganggumu nanti.

Mintalah untuk dipekerjakan kembali
Setelah perencanaan dan pertimbangan kamu matang, mulailah meminta untuk dipekerjakan kembali, baik melalui pertemuan langsung, maupun email.

Bersiaplah juga untuk menjawab banyak pertanyaan tentang alasanmu kembali, dan mengapa mereka harus mempekerjakanmu lagi. Yakinkan mereka bahwa mereka harus memberimu kesempatan kedua.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk dapat dipekerjakan kembali oleh perusahaan lamamu. Jika nantinya posisimu ternyata sudah terisi oleh yang lain, jangan ragu untuk move on dan mencari pekerjaan baru ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply