Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

PGI: Ibadah Natal Virtual Tidak mengurangi Keimanan

Sumber foto: Screenshot YouTube BNPB

Topcareer.id – Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty, S.Th., S.Fil., M.A. mengimbau agar setiap gereja di Indonesia menyelenggarakan ibadah secara virtual.

Jika memungkinkan untuk melakukan ibadah tatap muka secara langsung harus dalam koordinasi Satgas Penanganan COVID-19 di lingkungan masing-masing dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hal tersebut disampaikan dalam diskusi bersama BNPB “Ibadah Natal di Masa Pandemi” yang disiarkan secara LIVE melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Senin (21/12).

“Bila dimungkinkan dalam koordinasi dengan satgas di lingkungan setempat, maka protokol kesehatan harus diterapkan baik dari jumlah, persiapan rumah ibadah, tata ruang, mikrofon yang dipakai, liturgi dipersingkat, nyanyian-nyanyian disederhanakan, diatur,” kata Jacklevyn.

Baca juga: Pemerintah Kabarkan Ada Varian Baru Virus Covid-19

Menurutnya, PGI telah menerapkan protokol kesehatan baik saat mempersiapkan atau persiapan sebelum ibadah, penyelenggaraan saat ibadah, dan juga setelah ibadah.

Perayaan Natal dan tahun baru pasti identik dengan acara berkumpul, baik itu bersama kerabat dekat maupun keluarga. Menyikapi hal itu, Direktur Medis Rumah Sakit PGI Cikini, Inolyn Panjaitan yang turut bergabung melalui panggilan video dalam diskusi tersebut mengingatkan agar meiminimalisir acara kumpul keluarga. Sebab, klaster keluarga sangat berisiko terjadi.

“Kalau kumpul tetap jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan,” kata Inolyn.

Menurut Jacklevyn, saat ini semua tengah menghadapi adaptasi kebiasaan baru dan pihaknya juga telah menekankan bahwa beribadah dari rumah tidak mengurangi keimanan seseorang.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply