Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

CSR dan Filantropi, Apa Bedanya?

Sumber foto: philanthropytree.com

Topcareer.id – Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan tidak identik dengan Filantropi atau kegiatan amal lain.

Dalam filantropi, perusahaan menyumbangkan sebagian dari keuntungan mereka untuk tujuan amal. Dalam konteks ini, dianggap “tidak pantas” bagi perusahaan untuk mempertimbangkan menerima manfaat apa pun darinya.

Sedangkan CSR menurut Dewan Bisnis Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan, dapat didefinisikan sebagai “komitmen berkelanjutan oleh bisnis untuk berperilaku etis dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi sambil meningkatkan kualitas hidup tenaga kerja dan keluarganya, serta komunitas lokal dan masyarakat luas.”

Definisi lain mengatakan CSR adalah menjalankan bisnis dengan cara yang memenuhi atau melebihi ekspektasi etika, hukum, komersial dan publik yang dimiliki masyarakat tentang bisnis.

Dalam kedua definisi tersebut, dapat dilihat unsur keberlanjutan, yang pertama eksplisit (komitmen berkelanjutan) dan yang kedua implisit. Ini adalah perbedaan lain antara CSR dan Filantropi Perusahaan.

Cakupan
Donasi perusahaan dapat disumbangkan ke organisasi amal atau nirlaba tertentu. Masyarakat umum, dan bahkan pelanggan perusahaan itu sendiri, baik internal maupun eksternal, mungkin tidak terpengaruh secara langsung dan akibatnya mungkin tidak menyadari upaya besar dan murah hati perusahaan ini.

Biasanya manajemen puncak memutuskan kapan dan bagaimana menyumbang dan kepada siapa akan memberikan hibah. Sementara itu Filantropi Perusahaan memiliki cakupan yang lebih sempit dan lebih terbatas daripada CSR.

CSR, di sisi lain memiliki cakupan yang lebih luas karena menangani keseluruhan sikap organisasi terhadap karyawan, pelanggan, lingkungan sekitar perusahaan, komunitas lokal, dan masyarakat luas.

CSR adalah upaya organisasi yang sering dilakukan dan lebih luas. Setiap departemen dan karyawan perlu memahami strategi CSR, apa peran mereka dan bagaimana mereka harus berkontribusi pada keberhasilan CSR. Sasaran CSR jauh lebih luas dibandingkan dengan Filantropi.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply