Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, January 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Kini PMI Sediakan Terapi Plasma Konvalesen

Topcareer.id – Saat ini terapi plasma kovalesen dianggap bisa meningkatkan angka kesembuhan Covid-19, terutama bagi mereka dengan kasus gejala berat maupun kritis.

Oleh karena itu, Palang Merah Indonesia (PMI) pusat kini juga menyediakan fasilitas terapi plasma konvalesen dan membutuhkan gotong royong dari para penyintas Covid-19 untuk membantu dengan mendonorkan plasmanya agar memenuhi kebutuhan plasma untuk terapi tersebut.

Adapun PMI telah menentukan persyaratan bagi masyarakat yang ingin menjadi pendonor antara lain:

  • Diutamakan laki-laki
  • Bagi wanita dipastikan belum pernah hamil dan juga belum memiliki anak
  • Menunjukan hasil test swab PCR negatif, bebas gejala Covid-19 selama 14 hari setelah dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Sebelumnya diketahui, penelitian yang dilakukan Libster dkk mengatakan di Argentina, terapi terhadap sejumlah pasien Covid-19 yang berusia di atas 65 tahun menunjukkan hasil yang baik.

Pasien yang diberikan plasma konvalesen dengan titer antibodi Sars Cov-2 yang tinggi dalam kurun waktu 72 jam setelah munculnya gejala ringan, menunjukkan adanya penurunan risiko untuk mengalami gangguan pernapasan berat atau severe respiratory disease yang merupakan salah satu penyebab kematian tersering Covid-19.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply