Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Cadangan Devisa Indonesia pada Desember 2020 Naik Jadi USD135,6 Miliar

Ilustrasi ada program bantuan penelitian Bank Indonesia untuk mahasiswa yang ingin membuat skripsi, tesis, dan disertasi.Ilustrasi ada program bantuan penelitian Bank Indonesia untuk mahasiswa yang ingin membuat skripsi, tesis, dan disertasi. (Dok/Bank Indonesia)

Topcareer.id – Bank Indonesia (BI) dalam rilisnya mengumumkan bahwa posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2020 sebesar USD135,9 miliar, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir November 2020 sebesar USD133,6 miliar.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menyampaikan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,2 bulan impor atau 9,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca juga: Trafik Penerbangan Angkasa Pura I Selama 2020 Turun Signifikan

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” kata Erwin dalam keterangan tertulis, Jumat (8/1/2021).

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Desember 2020 terutama dipengaruhi oleh penarikan pinjaman luar negeri pemerintah dan penerimaan pajak.

Ia mengatakan, ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Leave a Reply