Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jelang Akhir Pandemi, Warga Korea Selatan ‘Berebut’ Jadwal Operasi Plastik

Topcareer.id – Korea Selatan telah menjadi ibu kota dunia bedah kosmetik atau operasi plastik, bahkan selama masa non-pandemi. Industri ini diperkirakan bernilai sekitar USD 10,7 miliar pada tahun 2020, naik 9,2% tahun-ke-tahun, dan diperkirakan akan mencapai sekitar USD 11,8 miliar tahun 2021, menurut Gangnam Unni, platform bedah kosmetik online terbesar di negara itu.

Ryu Han-na, seorang mahasiswa berusia 20 tahun, menjalani operasi plastik di hidungnya pada pertengahan Desember 2020, dia punya alasan sederhana: “Mungkin ini adalah kesempatan terakhir untuk melakukannya secara diam-diam sebelum orang-orang mulai melepas masker tahun ini, saat vaksin didistribusikan,” katanya.

Ahli bedah kosmetik mengatakan pasien tertarik pada semua bagian wajah: bagian yang dapat dengan mudah disembunyikan di bawah masker, seperti hidung dan bibir, serta bagian yang tidak ditutupi oleh penutup wajah, yang beberapa menganggap kriteria kecantikan di wajah.

“Pertanyaan bedah dan non-bedah tentang mata, alis, batang hidung, dan dahi -satu-satunya bagian yang terlihat- pasti meningkat,” kata Park Cheol-woo, seorang ahli bedah di Klinik Bedah Plastik WooAhIn, yang bertanggung jawab atas operasi Ryu.

Ahli bedah Shin Sang-ho, yang mengoperasikan Klinik Bedah Plastik Krismas di pusat distrik Gangnam, mengatakan banyak orang telah menghabiskan pembayaran stimulus darurat mereka dari pemerintah di rumah sakit dan klinik, meningkatkan pendapatan pada kuartal ketiga dan keempat tahun 2020.

“Aku merasa ini semacam pembalasan dendam. Saya merasakan bahwa pelanggan mengekspresikan emosi terpendam mereka (dari virus corona) dengan melakukan prosedur kosmetik,” kata Shin.

Data pemerintah menunjukkan bahwa dari 14,2 triliun won (USD 12,95 miliar) bantuan tunai pemerintah, 10,6% digunakan di rumah sakit dan apotek, segmen terbesar ketiga menurut klasifikasi di belakang supermarket dan restoran, meskipun rincian jenis rumah sakit tidak diungkapkan.

Data Gangnam Unni menunjukkan penggunanya melonjak 63% dari tahun sebelumnya menjadi sekitar 2,6 juta tahun lalu. Mereka meminta 1 juta sesi konseling, dua kali lipat jumlah dari tahun sebelumnya.

Pandemi membuat lebih sulit untuk mempromosikan layanan kepada klien asing, jadi pada tahun 2020 lalu lebih merangkul fokus yang lokal dan regional.

Tetapi gelombang ketiga virus corona di dalam negeri tetap menjadi perhatian karena negara itu melaporkan kasus harian yang sempat memecahkan rekor.

“Kami telah melihat semakin banyak pembatalan dalam janji konsultasi karena orang lebih banyak menahan diri untuk pergi keluar … terutama pelanggan dari pinggiran kota yang hampir semuanya mengatur ulang jadwal operasi mereka pada 2021,” kata Park.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply