Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Sesuai Prediksi Steve Jobs, Era Adobe Flash telah Berakhir

Topcareer.id – Akhirnya Flash Player tak lagi digunakan. Seperti yang diumumkan sebelumnya, Adobe telah mengonfirmasi bahwa Adobe tak lagi memberikan dukungan untuk Flash Player setelah 31 Desember 2020, dan itu akan memblokir konten Flash agar tidak berjalan di Flash Player mulai 12 Januari 2021.

Setelah beberapa tahun lalu pada 2017, Adobe mengumumkan rencananya untuk menghentikan dukungan untuk plugin Flash pada akhir tahun 2020, dan sekarang mereka menepati janji tersebut.

Hubungan antara Apple dan Adobe sehubungan dengan Flash player telah tegang selama bertahun-tahun, sejak Steve Jobs mempublikasikan karya “Thoughts on Flash” -nya pada tahun 2010 untuk membahas apa yang menjadi poin kritik utama pada saat itu untuk iPhone dan iPad sebagai pengganti komputer.

Berikut ini isi surat Steve Jobs tentang Adobe Flash Player:

“Saya ingin mencatat beberapa pemikiran kami tentang produk Flash Adobe sehingga pelanggan dan kritikus dapat lebih memahami mengapa kami tidak mengizinkan Flash di Apple iPhone, iPod, dan iPad. Adobe menganggap keputusan kami sebagai yang utama didorong oleh bisnis, mereka mengatakan kami ingin melindungi App Store kami. Tetapi, pada kenyataannya hal itu didasarkan pada masalah teknologi. Adobe mengklaim bahwa kami adalah sistem tertutup, dan Flash terbuka, tetapi kenyataannya yang terjadi adalah sebaliknya.”

Dalam surat tersebut, Jobs menyesalkan Flash karena banyak kekurangannya, termasuk hal-hal seperti keandalan, keamanan, masa pakai baterai gadget yang menggunakan flash player, dan kinerja gadgetnya. Sementara Adobe menggugat klaim Jobs pada saat itu dengan tuduhan Apple tidak pernah mau membawa Flash ke iPhone dan iPad. Namun kini kejatuhan Flash dimulai.

Pengguna Apple telah merasakan web tanpa Flash player selama beberapa waktu. iPhone, iPad, dan iPod touch tidak pernah mendukung Flash. Untuk Mac, transisi dari Flash dimulai pada tahun 2010 saat Flash tidak lagi dipasang pada perangkat Apple Mac. Saat ini, jika pengguna Apple menginstal Flash player, itu akan tetap mati secara default. Browser Safari milik Apple membutuhkan persetujuan eksplisit di setiap situs web sebelum menjalankan plugin Flash.

Karena Adobe tidak lagi mendukung Flash Player setelah 31 Desember 2020 dan Adobe akan memblokir konten Flash agar tidak berjalan di Flash Player mulai 12 Januari 2021, Adobe sangat menyarankan semua pengguna agar segera mencopot Flash Player untuk membantu melindungi sistem mereka. Beberapa pengguna mungkin akan menemukan pengingat dari Adobe untuk mencopot pemasangan Flash Player dari sistem mereka.

Adobe memiliki situs web yang didedikasikan untuk memberikan informasi tentang rencana akhir masa pakai Flash, yang mengatakan bahwa pengguna harus segera mencopot pemasangan Flash dari perangkat.

Kamu bisa mengunjungi situs resmi Adobe untuk cara uninstall Flash player dari perangkat yang kamu gunakan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply