Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Pesawat Ini Nyaris Celaka akibat Kawanan Angsa, Begini Kisahnya

Dok: Reuters/Brendan McDermidDok: Reuters/Brendan McDermid

Topcareer.id – Pesawat Airbus A320 US Airways yang dijadwalkan menuju Charlotte, North Carolina dengan 5 awak termasuk Kapten Chesley “Sully” Sullenberger III, dan 150 penumpang Baru saja lepas landas sekitar pukul 15:25 dari Bandara LaGuardia.

Sekitar dua menit setelah penerbangan, pesawat berpapasan kawanan angsa yang sedang terbang ke arah Kanada dan beberapa angsa terhisap ke mesin pesawat hingga menyebabkan mesin rusak parah serta daya dorong pesawat hampir hilang seluruhnya. Upaya berulang kali oleh Kapt. Sully untuk menghidupkan ulang mesin pun tidak berhasil.

Kapten Chesley “Sully” Sullenberger berusaha menengendalikan pesawat tersebut seaman mungkin hingga akhirnya ia mengambil keputusan cepat memberi tahu pengawas udara bahwa dia akan mencoba pendaratan air yang sangat berisiko di Sungai Hudson.

Sekitar pukul 15:29, Kapt. Sully mengumumkan melalui interkom, ‚ÄúPenumpang bersiap untuk benturan.”

Akhirnya, pesawat mendarat di sungai dengan bagian belakang badan pesawat yang melakukan kontak pertama di air, dan bagian tersebut mengalami kerusakan parah, namun pesawat tetap mengapung sebagian berkat tangki bahan bakar yang tidak penuh.

155 penumpang serta awak pesawat dinyatakan selamat, meskipun ada lima orang mengalami luka berat.

Penumpang dan awak kemudian keluar dari pesawat dan berjalan ke sayap atau menaiki rakit tiup. Feri lokal dan petugas tanggap darurat tiba di lokasi dalam beberapa menit.

Baca juga: Ternyata Sifat Lupa Punya Efek Positif, Ini Penjelasannya

Insiden yang terjadi pada 15 Januari 2009 dua puluh tahun yang lalu ini dikenal sebagai Miracle on the Hudson.

Sementara Kapt. Sully menjadi pahlawan nasional bagi banyak orang, banyak juga yang mengkritik keputusan gilanya untuk nekat mendarat di Sungai Hudson.

Namun, penyelidikan panjang yang dilakukan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS menyimpulkan bahwa keputusannya untuk mendarat darurat di sungai Hudson sudah tepat.

Beberapa hari setelah pendaratan tersebut, pesawat diangkat dari sungai. Baru pada 2011 pesawat itu dipamerkan di Carolinas Aviation Museum di Charlotte.

Insiden ini telah menginspirasi Clint Eastwood, ia pun membuat film tentang insiden tersebut dan diangkat ke layar lebar dengan judul Sully pada tahun 2016 silam. Di film itu, Tom Hanks didapuk menjadi pemeran utama.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan