Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, March 7, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Pascavaksinasi, Komnas KIPI Sebut Ada 30 Laporan Ini dari Penerima Vaksin

Ilustrasi. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) menyebutkan setidaknya ada 30 laporan KIPI semenjak dimulainya program vaksinasi tahap pertama pada Rabu (13/1/2021) lalu.

“Dari laporan yang masuk ke kami, semua bersifat ringan. Jadi, tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini,” tutur Ketua Komnas KIPI, Hindra Irawan Satari dalam dialog yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (20/1/2021).

Lebih lanjut, Hindra mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir mengenai efek dari vaksinasi itu sendiri. Sebab, setiap fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan imunisasi akan melakukan pencatatan dan pelaporan KIPI.

Hal ini dilakukan supaya masyarakat bisa mendapat tindakan lebih lanjut sesegera mungkin apabila mengalami kejadian medik yang tidak wajar, tentunya yang disebabkan karena vaksin yang disuntikkan.

Untuk diketahui, Komnas KIPI selaku lembaga independen adalah orang-orang yang memiliki kompetensi terkait vaksinologi dan bertugas mengkaji secara spesifik kejadian pasca imunisasi.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply