Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, March 7, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

ITS Buat Gagang Pintu Anti Covid-19, Begini Cara Kerjanya

Topcareer.id – Salah satu benda yang sering menjadi pemicu penularan virus corona adalah gagang pintu. Oleh karena itu, Lab Sains dan Teknologi Interior, Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang gagang pintu anti Covid-19 yang diberi nama Handle.it.

Dilansir dari its.ac.id, Senin (25/1/2021), Ketua Abmas Lab Sains dan Teknologi Interior ITS, Okta Putra Setio Ardianto pun menjelaskan cara kerja dan kelebihan dari Handle.it ini.

“Gagang pintu ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat digunakan dengan prinsip contactless. Dengan begitu, pintu dapat dibuka dan ditutup dengan lengan ataupun siku tanpa harus dipegang langsung menggunakan tangan,” ujarnya.

Sedangkan untuk material yang dipakai adalah asam polylactic (PLA+) berwarna solid orange dipadu dengan glow in the dark green. Sehingga jika berada di tempat gelap, gagang pintu ini lebih mudah terlihat.

Pada kesemptan tersebut Okta yang berprofesi sebagai dosen Departemen Desain Interior itu juga mengatakan bahwa ke depannya Handle.it dapat diproduksi lebih besar dan diaplikasikan lebih luas, terutama pada fasilitas publik.

“Kami berharap Handle.it dapat efektif mengurangi penyebaran virus penyebab Covid-19. Dan jika diproduksi lebih serius, masyarakat akan mudah beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi ini,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply