Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Pertanyaan Wajib Elon Musk Saat Mewawancarai Calon Karyawannya

Bos Tesla, Elon Musk. (dok. The Verge)

Topcareer.id – Meskipun mungkin kamu tidak tertarik bekerja untuk Tesla atau SpaceX, namun pertanyaan wawancara favorit dari CEO Elon Musk bisa jadi pertanyaan yang penting untuk kamu pikirkan.

Jika kamu bisa mendapatkan jawaban yang bagus dari pertanyaan wajib dari bos Tesla itu, setidaknya bisa membantumu selangkah lebih maju di mana pun kamu ingin bekerja.

Kembali pada tahun 2017, Musk mengatakan kepada KTT Pemerintah Dunia bahwa dia pasti akan menanyakan hal ini kepada setiap kandidatnya:

“Ceritakan tentang masalah tersulit apa saja yang pernah kamu alami dan bagaimana cara kamu menyelesaikannya?”

Musk mewawancarai beberapa insinyur untuk Tesla dan SpaceX dengan pertanyaan ini. Dia ingin melihat bagaimana mereka bekerja melalui masalah yang sulit, selangkah demi selangkah.

“Orang-orang yang benar-benar mengalami masalah tersulit dan berhasil memecahkannya, mereka akan tahu persis bagaimana mereka menyelesaikannya, mereka akan tahu detail-detail kecilnya,” Ujar Musk saat itu.

Ada alasan ilmiah yang kuat di balik pertanyaan Musk. Mereka yang benar-benar jujur tentang masalah dan penyelesaian yang mereka sampaikan cenderung menjelaskan secara urut dan lengkap hingga detail tanpa keraguan.

Baca juga: Pria Atau Wanita? Studi Ini Jawab Siapa Yang Lebih Baik Dalam Kolaborasi Kerja

Sementara mereka yang berbohong akan sulit membagikannya secara detail, dan bahkan tidak akan terlalu panjang bercerita tentang pengalaman mengatasi masalah sulit, karena mereka akan berpikir terlalu banyak bercerita akan dianggap bertele-tele oleh pewawancara, padahal sebetulnya tidak.

Di mana pun kamu wawancara kerja dan untuk jenis pekerjaan apa pun, kamu harus bisa memberikan sedetail mungkin pengalaman terbaikmu dengan jujur.

Memanfaatkan semua detail itu untuk menunjukkan bagaimana kamu bisa memberi nilai tambah pada perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya.

Pada saat yang sama, kamu juga harus menjelaskan secara rinci bagaimana kamu akan menggunakan semua pengalamanmu melalui masa sulit dengan keahlianmu itu untuk membantu calon perusahaan baru kamu mencapai tujuannya.

Untuk itu, kamu harus melakukan penelitian tentang perusahaan yang kamu lamar, posisi, dan keterampilan yang mereka cari. Ingat, salah satu cara termudah untuk kalah dalam wawancara kerja adalah dengan gagal memahami kebutuhan dan masalah perusahaan.

Kembali ke Elon Musk, itu bukan satu-satunya pertanyaan terkenal favoritnya yang dia tanyakan kepada calon karyawan. Musk pernah menanyakan calon insinyur SpaceX sebuah teka-teki yang sangat membingungkan:

“Kamu berdiri di permukaan bumi. Kamu berjalan satu mil ke selatan, satu mil ke barat, dan satu mil ke utara. Kamu berakhir tepat di tempat Kamu memulai. Di mana kamu berada?”

Tidak jelas apakah Musk masih mengajukan pertanyaan itu kepada kandidat, tetapi untuk mendapatkan pekerjaan di SpaceX, memang ada serangkaian wawancara yang dirancang untuk menguji keterampilan dan pengetahuan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply