Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juni 15, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Penumpang KAI yang Mau Melakukan Pemeriksaan GeNose Tak Boleh Minum selain Air Putih

Alat tes COVID-19, GeNose dari UGM. (dok. UGM)

Topcareer.id – PTT Kereta Api Indonesia (KAI) mensyaratkan para penumpang yang hendak menggunakan kereta api jarak jauh untuk melakukan pemeriksaan covid-19 menggunakan Rapid Antigen maupun PCR Test.

Namun mulai 5 Februari 2021 ini, PT KAI juga menyediakan pemeriksaan covid-19 menggunakan alat buatan anak bangsa yakni GeNose C19 di beberapa stasiun seperti Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta.

Nah, sebelum menggunakan layanan ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar hasil pemeriksaan menggunakan hembusan nafas ini lebih akurat.

“Untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket, serta dilarang merokok, makan, minum kecuali air putih, selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id pada Senin (1/2/2021).

Baca juga: Dibanderol Rp 62 Juta, Ini Kelebihan Pendeteksi Covid-19 GeNose

Lebih lanjut, Joni menjelaskan cara menggunakan GeNose C19 ini. Pertama yakni mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali.

“Dilakukan sebanyak 2 kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker. Lalu pada saat pengambilan napas ke-3, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh. Kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan,” tuturnya.

Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan negatif maka penumpang boleh melanjutkan perjalanan denga masa berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkannya print-out.

Sedangkan jika hasilnya positif, maka calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api. Tiket pun dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan besaran pengembalian tiket ini adalah 100%.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan