Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, September 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Vaksin Sputnik V Rusia Laporkan Efikasi 92% Lawan COVID-19

Dok/dw.com

Topcareer.id – Para ilmuwan memberi vaksin Sputnik V Rusia lampu hijau pada hari Selasa (2/2) dengan mengatakan vaksin tersebut hampir 92% efektif dalam memerangi COVID-19.

Hal ini disampaikan berdasarkan hasil uji coba tahap akhir yang ditinjau oleh rekan sejawat yang diterbitkan dalam jurnal medis internasional The Lancet.

Para ahli mengatakan hasil uji coba Fase III berarti dunia memiliki senjata efektif lain untuk melawan pandemi mematikan.

Gamaleya Institute di Moskow adalah yang mengembangkan dan menguji vaksin tersebut. Hasilnya didasarkan pada data dari 19.866 sukarelawan, seperempat di antaranya menerima plasebo, kata para peneliti, yang dipimpin oleh Denis Logunov dari Gamaleya Institute, dalam The Lancet.

Baca juga: Ingat, Mulai Sekarang Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan Kembali Normal

Sejak uji coba dimulai di Moskow, ada 16 kasus gejala COVID-19 yang tercatat di antara orang-orang yang menerima vaksin dan 62 orang di antara kelompok plasebo, kata para ilmuwan.

Ini menunjukkan rejimen dua dosis vaksin, dua suntikan berdasarkan dua vektor virus yang berbeda, diberikan dengan selang waktu 21 hari dan 91,6% efektif melawan gejala COVID-19.

Vaksin Sputnik V adalah yang keempat di dunia yang hasil Fase III dipublikasikan di jurnal medis terkemuka yang ditinjau oleh rekan sejawat di belakang suntikan yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech, Moderna dan AstraZeneca.

Sputnik V juga sekarang telah disetujui untuk disimpan di lemari es biasa, bukan di freezer, membuat transportasi dan distribusi lebih mudah, kata ilmuwan Gamaleya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan