Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Aktivitas Ini Bisa Tingkatkan Rasa Bahagia Kamu dengan Cepat, Gratis!

Sumber foto: happyho.in

Topcareer.id – Masa-masa sulit secara ekonomi yang dihadapi saat pandemi virus corona, membuat orang berpikir menghasilkan uang merupakan prioritas, hingga banyak sekali yang bekerja lebih keras hingga lupa waktu.

Ashley Whillans, asisten profesor administrasi bisnis di Harvard Business School dan penulis “Time Smart,” telah menemukan bahwa menghargai waktu daripada uang akan lebih mengarah pada peningkatan kebahagiaan dan kesejahteraan.

“Penelitian menunjukkan telah berulang kali orang yang memprioritaskan waktu melaporkan kebahagiaan yang lebih besar daripada orang yang memprioritaskan uang,” kata Whillans.

Berikut lima aktivitas gratis yang disarankan Whillans untuk meningkatkan kebahagiaan kamu:

Atur to do list (5 menit)
Jika kamu memiliki lima menit waktu luang di antara kegiatan, cobalah untuk mengatur ulang tugas kecil atau to do list yang perlu kamu selesaikan dan memeriksanya.

“Merencanakan apa yang harus kamu lakukan dan kapan kamu akan melakukannya dapat mengurangi penundaan dan membantu mengurangi stres,” kata Whillans. “Saat kita merasa stres, kita sering terpaku pada gambaran masalah besar sehingga akan sangat membantu untuk memecahnya menjadi langkah-langkah kecil yang dapat ditindaklanjuti.” Imbuhnya.

Kirim pesan pada seseorang yang berarti bagi hidupmu (5 menit)
Pilihan lain untuk mengisi sedikit waktu luang adalah “mengirim pesan kepada seseorang yang penting bagi hidupmu yang sudah lama tidak kamu ajak bicara,” Ujar Whillans.

“Kirimi mereka foto lucu atau kirimi mereka gambar hewan peliharaan atau kenangan menyenangkan yang kalian miliki. Cobalah untuk menghidupkan kembali pengalaman positif yang Anda pernah alami,” tambahnya.

Baca juga: Singapura Jadi Negara Asia Pertama Yang Setujui Vaksin Moderna

Periksa sisa cuti berbayar (5 menit)
Mengetahui berapa hari yang kamu miliki dan memikirkan tentang apa yang mungkin kamu lakukan dengan jatah cuti berbayar kamu bisa membantumu memvisualisasikan dan menindaklanjuti cuti berbayar kamu.

“Kita perlu membayangkan dan merencanakan untuk mengambil liburan berbayar kita untuk membantu mendorong kita dalam menindaklanjutinya,” Kata Whillans. Karena jika terus menerus melupakannya bisa saja jatah cuti berbayarmu hangus kadaluarsa.

Tonton video alam yang menenangkan (10 menit)
Jika kamu memiliki waktu luang 10 menit, Whillans menyarankan untuk menonton video alam yang santai di internet.

Orang-orang yang menonton konten dari “Planet Earth II,” serial BBC tentang satwa liar, merasakan peningkatan kepuasan, kegembiraan, hiburan, dan keingintahuan, menurut penelitian University of California, Berkeley tahun 2017. Video tersebut juga mengurangi perasaan lelah, marah, dan stres.

Tulis jurnal (10 menit)
Whillans menulis bahwa “membuat jurnal dapat meningkatkan kebahagiaan.”

Membuat jurnal adalah cara untuk “mengendalikan emosi”, menurut University of Rochester, jurnal dapat membantu mengelola kecemasan, mengurangi stres, dan mengatasi depresi. Ini juga dapat membuatmu merasa lebih baik dengan membantumu memprioritaskan masalah, memberikan kejelasan tentang pemicu emosional, dan mengungkapkan beberapa pola pikir negatif kamu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan