Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sama-Sama Disuka, Ini Perbedaan Es Krim dengan Gelato

Topcareer.id – Tampaknya hampir semua orang menyukai es krim. Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan, es krim juga bisa meningkatkan mood.

Es krim kaya akan L-triptofan yang menawarkan relaksasi pada sistem saraf. Sehingga membantumu mengusir kesedihan, depresi, stres, dan kecemasan serta mengurangi gejala insomnia.

Banyak jenis es krim yang beredar di pasaran, ragam varian rasa dari bermacam-macam brand terkadang membuat kamu bingung memilihnya.

Salah satu hal yang cukup menjadi perhatian pada jajanan yang digin, lembut dan menyegarkan ini adalah jenis es krim biasa dan gelato yang akhir-akhir ini semakin populer.

Baca Juga: Studi: Makan Es Krim Bisa Turunkan Tingkat Stres. Ini Penjelasannya

Tahukah kamu apa perbedaan antara es krim dengan gelato? Ini dia bedanya.

Es Krim: Lembut dan Penuh Lemak
Es krim adalah makanan penutup atau dessert yang terbuat dari susu, krim, gula, dan (biasanya) kuning telur. Secara tradisional, es krim gaya Prancis mengandung kuning telur dan lebih kaya rasa dari es krim Amerika. Bahan-bahan dalam es krim dimasak bersama menjadi puding yang kaya rasa. Setelah dasar puding dingin lalu diaduk dengan kecepatan yang cukup tinggi untuk memasukkan udara dan meningkatkan volumenya.

Untuk es krim dengan harga yang lebih murah cenderung memiliki lebih banyak udara yang dimasukkan ke dalamnya.

Es krim disajikan pada suhu yang cukup dingin yang membuatnya saling menempel dan halus, bertekstur ringan serta lembut.

Gelato: Padat dan Intens
Gelato adalah kata Italia untuk es krim. Proses pembuatannya dimulai dengan dasar puding yang mirip dengan es krim, tetapi memiliki proporsi susu yang lebih tinggi, namun proporsi krim dan telurnya lebih rendah (atau tanpa telur sama sekali). Diaduk pada kecepatan yang jauh lebih lambat, dan memasukkan lebih sedikit udara. Ini membuat gelato lebih padat dan lengket daripada es krim.

Gelato disajikan dengan suhu yang sedikit lebih hangat daripada es krim, sehingga teksturnya lebih lembut seperti sutra. Karena memiliki persentase lemak yang lebih rendah daripada es krim, bahan perasa utamanya pun benar-benar terasa dominan.

Nah itu dia perbedaan mendasar antara es krim dengan gelato. Kembali lagi pada selera masing-masing. Kalau kamu lebih suka yang mana nih?**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan