Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Vaksin Sinopharm Mampu Lawan Varian Baru Virus Corona, Tapi…

Sumber foto: Tingshu Wang/Reuters

Topcareer.id – Studi laboratorium di China menunjukkan dua vaksin COVID-19 yakni Sinopharm dan Zhifei memicu kekebalan terhadap varian baru virus corona yang sangat mudah menular dari Afrika Selatan. Tapi efeknya terlihat lebih lemah.

Varian baru virus corona telah menimbulkan kekhawatiran bahwa mereka mungkin melemahkan efek vaksin dan pengobatan yang dikembangkan sebelum kemunculannya.

Dua belas sampel serum masing-masing diambil dari penerima dua vaksin yang dikembangkan oleh anak perusahaan China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) dan satu unit Produk Biologi Zhifei Chongqing mempertahankan aktivitas penetralan terhadap varian Afrika Selatan, kata peneliti dalam sebuah makalah.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Sinopharm Terbukti 86% Efektif Dalam Pengujian di Uni Emirat Arab

Makalah ini ditulis oleh para peneliti dari Institut Produk Biologi Beijing yang berafiliasi dengan Sinopharm, Institut Mikrobiologi Akademi Ilmu Pengetahuan China, yang bersama-sama mengembangkan kandidat dengan unit Zhifei, dan dua agensi China lainnya.

Namun, aktivitas sampel terhadap varian tersebut lebih lemah daripada terhadap virus asli dan varian lain yang saat ini menyebar secara global.

“Pengurangan aktivitas harus diperhitungkan untuk dampaknya terhadap kemanjuran klinis vaksin ini,” kata mereka.

Vaksin Sinopharm disetujui di China untuk penggunaan masyarakat umum dan juga digunakan di beberapa negara lain termasuk. Sementara itu Zhifei sedang dalam uji klinis tahap akhir di China dan luar negeri.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan