Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Apa Itu Creative Block dan Bagaimana Bisa Terjadi

Foto Ilustrasi Kreatif (pixabay)

Topcareer.id – Setiap orang, pada titik tertentu atau lainnya pasti pernah mengalami hambatan kreatif (creative block).

Hal ini juga dikenal sebagai writer’s block, art block atau blank canvas syndrome. Creative block adalah saat kamu mulai mencoba membuat sesuatu seperti menulis atau menggambar, tetapi kamu hanya sampai pada tahap menatap halaman kosong tanpa tahu harus berbuat apa.

Creative block bisa dialami siapa saja, mulai dari penulis, desainer, dan profesi lainnya di bidang kreatif.

Ini sering kali dimulai ketika kamu memiliki motivasi yang luar biasa, tetapi kamu mendadak terhenti ketika kamu tidak dapat menemukan inspirasi yang diperlukan untuk berkreasi.

Baca Juga: Empat Tanaman Terbaik untuk Memicu Kreativitas di Ruang Kerja

Creative block tidak terbatas pada keahlian tertentu, itu terjadi pada semua orang mulai dari musisi, koki, ilustrator, animator, dan penulis. Ini tidak mendiskriminasi jenis kelamin, ras, pengalaman, atau tingkat pendapatan.

Jadi, mengapa creative block bisa terjadi?

Kreativitas dapat secara sederhana didefinisikan sebagai kemampuan untuk menghubungkan 2 ide atau lebih. Ketika kamu meminta otak kamu untuk melakukan sesuatu yang kreatif, otak akan memilah-milah ide seperti membalik-balik lemari arsip untuk mendapatkan informasi tertentu.

Otak kamu layaknya Perpustakaan Nasional dengan ribuan rak yang menyimpan jutaan buku. Saat kamu mengalami creative block, ini seperti kamu hanya bertanya-tanya di mana buku yang kamu cari dengan lampu dimatikan.

Hal ini terjadi karena sejumlah alasan berbeda, tetapi ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mulai membuat karya yang terinspirasi.

Rutin bermain permainan kreativitas akan membantu mengatasi masalah ini. Kegiatan bermain permainan kreativitas mendorong otak kamu untuk menguji file yang tampaknya acak untuk melihat apakah itu yang tepat untuk proyek kreatif kamu.

Meskipun mungkin perlu beberapa kali mencoba bermain sebelum mencapai kreativitas yang kamu butuhkan. Akan jauh lebih baik untuk mencoba dan gagal daripada terus membiarkan otak kosong dan kamu jadi mengalami creative block.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply