Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Iran Setujui Penggunaan Vaksin Sputnik V COVID-19 Buatan Rusia

Vaksin Covid-19.Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Iran telah menyetujui vaksin Sputnik V Rusia dan berencana untuk mengimpor dan memproduksinya, kata Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif.

“Vaksin Sputnik V kemarin juga terdaftar dan disetujui oleh otoritas kesehatan kami,” kata Zarif pada pertemuan dengan mitranya dari Rusia, Sergey Lavrov, di Moskow, Selasa (26/1).

“Dalam waktu dekat, kami berharap dapat membelinya, serta memulai produksi bersama.” Tambah Zarif mengutip lama Reuters.

Teheran sebelumnya mengatakan akan menunggu persetujuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang vaksin buatan Rusia itu sebelum membelinya.

Baca Juga: WHO Berharap Negara Miskin bisa segera Dapat Vaksin Pfizer

Iran juga mengatakan hanya akan bergantung pada vaksin yang dibuat oleh Rusia, India atau China, sementara juga bekerja untuk menghasilkan suntikan buatan sendiri.

Awal bulan ini, Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, otoritas tertinggi Iran, melarang pemerintah mengimpor vaksin dari Amerika Serikat dan Inggris, yang menurutnya kemungkinan berusaha menyebarkan infeksi ke negara lain.

Twitter menghapus postingan dari akun Khamenei yang mengklaim vaksin dari AS dan Inggris “benar-benar tidak dapat dipercaya”, mengatakan bahwa postingan tersebut melanggar aturan platform terhadap kesalahan informasi.

Pengembang Sputnik V mengatakan vaksin itu lebih dari 90 persen efektif dan beberapa negara di luar Rusia telah mulai mengelolanya, termasuk Argentina.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan