Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Tipe Creative Block Penghambat Kreativitas

Ilustrasi (Dok. Wellbeingart)

Topcareer.id – Apakah Anda pernah duduk untuk menulis atau menggambar tetapi tidak ada satu ide pun yang muncul? Bahkan hampir setiap hari kamu tidak bisa apa-apa? Selamat datang di Creative Block.

Saat itulah inspirasi kamu lenyap, bahan bakar kreatif mengering, halaman kosong memandangi, dan sepertinya kamu tidak dapat membuat dirimu sendiri untuk berkreasi.

Creative block itu membuat frustrasi, melemahkan, dan bisa terjadi pada siapapun. Mari lihat lebih dalam dan jelajahi 5 alasan mengapa creative block bisa terjadi.

Terlalu banyak berpikir
Otak yang terlalu banyak berpikir akan menghalangi kreativitas. Misalnya, kamu berpikir untuk menggambar anjing, tetapi kamu sudah pernah sudah melakukannya, kamu berpikir untuk menggambar burung di luar jendela, tapi itu sangat membosankan! Akhirnya kamu terjebak dalam zona nyaman karena tidak melakukan apa-apa.

Baca Juga: 5 Tipe Karyawan yang Susah Naik Jabatan

Merasa takut berlebihan
Dalam jenis creative block ini, emosi dan dunia batin kamu menghalangi kreativitas kamu. Di sinilah rasa takut masuk. Kamu takut menuliskan atau menggambar sesuatu yang buruk. Kamu takut dengan apa yang orang pikirkan. Kamu khawatir selama ini telah melakukan yang terbaik tapi sekarang semuanya menurun dari sini. Atau bisa jadi kamu merasa takut bahwa kamu tidak akan pernah membuat sesuatu yang baik. Jadi, kamu menunda-nunda dan membuat alasan dan kamu pun akhirnya tidak membuat apa-apa.

Rutinitas kreatif tidak berhasil
Jadwal pembuatan karya seni kamu tidak berfungsi lagi. Kamu tidak memiliki cukup energi untuk berkreasi. Kamu tidak punya cukup waktu untuk membuat sesuatu. Kamu teralihkan dengan tugas lain dan tidak pernah sempat membuat apa pun. Untuk mengatasi ini agak sulit jika dikelilingi rekan kerja, teman, pasangan, atau anak-anak yang selalu ada di sekitar kamu dan menuntut perhatianmu.

Perubahan / masalah hidup mengganggu
Masalah pribadi besar yang terjadi dalam hidup bisa menghentikanmu untuk berkreasi. Mungkin itu masalah hubungan, masalah kesehatan, kematian dalam keluarga, atau perpindahan. Perubahan besar dapat mengganggu jadwal kamu dan menurunkan kemampuan kamu untuk fokus sehingga terjadilah creative block.

Terlalu banyak bekerja
Mungkin kamu terlalu sering mengatakan ya dan mengambil terlalu banyak proyek, mendaftar untuk terlalu banyak kursus, dan sekarang kamu tidak bisa berkutik dengan banyak hal yang harus kamu lakukan di waktu yang sempit atau bahkan bersamaan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply