Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Hari Pers Nasional: Yuk, Intip Cara Reporter Menulis Berita

Ilustrasi Copywriter. (dok. careerprofiles)

Topcareer.id – Selamat Hari Pers Nasional! Di tengah kemajuan teknologi, dunia jurnalistik pun kini semakin ramai dengan munculnya beragam media online.

Mereka berlomba-lomba menyajikan beragam berita yang terdepan, tepercaya, dan tentunya menarik untuk dibaca.

Hal ini tentu mendorong para insan pers, khususnya reporter atau penulis artikel, untuk kreatif dalam menentukan angle, tanpa mengurangi esensi dari berita.

Nah, buat Kamu yang jatuh hati pada bidang ini, bisa mulai melatih kemampuan kamu dengan mengandalkan platform seperti blog, UGC Publisher, atau social media. Kamu juga bisa lho mencoba melamar ke media online, seperti Topcareer.id contohnya.

Ini detail terkait platform yang disebutkan di atas:

  • Blog: Blogspot, WordPress, Medium
  • UGC Publisher: Wattpad, Storial, Kompasiana
  • Social media: Instagram, Facebook, Twitter, digital forum
  • Mass Media: Topcareer.id, dsb.

“Menulis itu nggak cuma sekedar passion, tapi juga bisa menghasilkan, dan banyak hal yang bisa kita dapatkan dari menulis.” kata Ernia Karina, Community Manager dari IDN Times dalam acara Collaborative Session With IDN Times: How To Write in Online Media beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengenal Hipersomnia, dan Cara Mengatasinya

Nah, menyambung bahasan tadi, ada banyak publisher dan platform media yang berbeda-beda, jika kamu berminat untuk menulis pada platform tersebut, tentunya kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan karakteristik mereka.

Blog, UGC Publisher, dan media sosial, semuanya bersifat bebas, kamu boleh menulis sesuka hati dengan gaya bahasa sendiri, menulis dengan mode private juga sangat bisa dilakukan pada ketiga platform tersebut.

Khusus untuk media massa online, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu syarat dan ketentuannya, bagaimana gaya bahasa yang digunakan, karakter dan topik apa yang biasa diterbitkan oleh media massa tersebut.

Nah, menurut Ernia, agar tulisan kamu bisa disetujui dan dipublish, ada 4 poin berikut yang harus kamu perhatikan:

Sudut pandang
“Meski topiknya sudah umum, tapi dengan pemilihan sudut pandang yang lebih unik dan beda bisa memberikan nilai plus tulisan temen-temen dari tulisan yang lainnya., ujar Ernia menjelaskan.

Ingat, pastikan juga sumber tulisan kamu bisa dipertanggungjawabkan ya. Jangan sampai kamu terjebak memberitakan bertia hoaks!

Ejaan dan kalimat
Dibutuhkan tata bahasa yang rapi serta kalimat yang efektif dan efisien. Sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu penulisan dasar dan penggunaan tanda baca yang baik dan benar sebelum mulai menulis artikel.

“Ini sangat penting, meskipun simple, banyak penulis pemula yang menulis untuk media terjatuh di sini.” Kata Ernia.

“Mau tulisannya sebagus apapun tapi kalau masih salah dalam menuliskan tanda baca, pasti akan gagal di situ. Jangankan menulis online, menulis skripsi dengan tanda baca salah saja akan direvisi oleh dosennya.”

Karakter media
“ketahui karakter medianya, bagaimana format artikel dan gaya bahasanya bagaimana, hal-hal seperti itu harus diikuti.” Kata Ernia.

Bagaimana, sudah siap untuk menjajal bidang ini? Semoga berhasil ya!**(Feb)

Tinggalkan Balasan