Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Daftar Beras Paling Bergizi, Kamu Pilih Mana?

Sumber artikel: 4muda.com

Topcareer.id – Beras merupakan makanan pokok di banyak negara di dunia, dan menyediakan sumber energi yang bergizi dan murah.

Ada banyak jenis beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizinya. Beberapa memiliki nutrisi dan senyawa tanaman kuat yang bermanfaat bagi kesehatan, sementara yang lain memiliki profil nutrisi yang kurang mengesankan.

Ngomong-ngomong soal beras, ayo kita membahas jenis beras paling bergizi dan mengapa kamu sebaiknya harus memilih varietas ini daripada yang lain.

Beras cokelat
Beras cokelat mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan flavonoid apigenin, quercetin, dan luteolin. Senyawa ini berperan penting dalam pencegahan penyakit.

Banyak kalori dan karbohidrat dalam jumlah yang sama dengan nasi putih, namun varietas ini memiliki serat sekitar tiga kali lebih banyak dan lebih tinggi protein.

Beras ini bisa menjadi pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes. Terlebih lagi tinggi magnesium dan mineral yang berperan penting dalam menstabilkan gula darah serta metabolisme insulin.

Beras hitam
Varietas beras hitam, seperti beras hitam Indonesia dan beras hitam melati Thailand, memiliki warna hitam pekat yang sering berubah menjadi ungu saat dimasak.

Penelitian menunjukkan bahwa beras hitam memiliki aktivitas antioksidan tertinggi dari semua varietas, menjadikannya pilihan yang bergizi.

Beras hitam sangat kaya antosianin yang memiliki sifat antikanker yang kuat. Dalam penelitian tabung reaksi, antosianin yang berasal dari beras hitam secara efektif menekan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara manusia.

Baca juga: Mengapa Makanan buatan Orang Lain Lebih Enak?

Beras merah
Varietas beras merah seperti Himalaya dan Thailand sangat berpigmen dan mengandung rangkaian nutrisi serta senyawa tanaman yang bermanfaat.

Jenis ini lebih tinggi protein dan seratnya daripada varietas beras putih, tetapi yang paling menonjol adalah kandungan antioksidannya.

Nasi merah ini dikemas dengan antioksidan flavonoid, termasuk antosianin apigenin, myricetin, dan quercetin.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa beras merah secara signifikan lebih berpotensi untuk melawan radikal bebas dan mengandung antioksidan flavonoid konsentrasi lebih tinggi daripada beras coklat.

Flavonoid dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, menjaga kadar radikal bebas, dan dapat mengurangi risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Wild rice
Meskipun wild rice secara teknis adalah benih dari rumput air, namun populer digunakan seperti nasi di dapur.

Mengandung sekitar tiga kali lebih banyak serat dan secara signifikan lebih banyak protein daripada beras putih, menjadikan beras ini pilihan yang lebih mengenyangkan.

Mengganti nasi putih dengan wild rice secara efektif mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, resistensi insulin, dan stres oksidatif.

Wild rice merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin B, magnesium, dan mangan. Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidannya hingga 30 kali lebih besar dari pada nasi putih.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply