Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

13 Kebiasaan Simple yang Bantu Mempermudah Hidupmu (Bagian 2)

Ilustrasi. Sumber foto: Mutihousing ProIlustrasi. Sumber foto: Mutihousing Pro

Topcareer.id – Banyak orang masih merasa kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya, dan kesulitan tersebut mereka sendiri yang menciptakannya.

Hidup memang penuh warna lengkap dengan beragam permasalahannya. Yang perlu dilakukan adalah jalani dengan sebaik mungkin dan jangan mempersulitnya.

Lalu, bagaimana agar bisa membuat hidup terasa lebih mudah? Gampang, coba kamu lakukan 15 kebiasaan simple berikut ini:

Bagian kedua dari artikel:

8) Buat alur dalam jadwal
Putuskan hal apa saja yang akan kamu lakukan secara berurutan agar bisa menghemat waktu dan tenagamu. Misalnya kamu melakukan hal-hal mudah di malam hari, bukan pada pagi hari ketika masih penuh energi yang bisa kamu gunakan untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih menantang! Trik sederhana ini membantumu saya menyelesaikan lebih banyak tugas sehari-hari tanpa usaha lebih.

9) Ciptakan rutinitas pagi-sore
Banyak orang berpikir bahwa membuat rutinitas itu terlalu membatasi. Cobalah ciptakan rutinitas pagi dan sore yang menarik baik bersama keluarga maupun kamu sendiri. Itu akan membuat hidup lebih mudah karena menjadi tidak perlu lagi memikirkan apa yang perlu dilakukan. Sebaliknya, kamu jadi bisa bersantai dan menikmati menjalani rutinitas itu.

Baca Juga: Obesitas Rentan Terinfeksi Covid-19, Ini Alasannya

10) Sederhanakan tugas sulit
Tidak peduli seberapa banyak kamu menyederhanakan hidupmu, akan masih ada saat-saat ketika kamu harus melakukan hal-hal yang tidak ingin kamu lakukan. Cobalah mencari cara untuk mengubah hal yang sulit daripada hanya mengeluhkannya. Misalnya kamu harus melakukan perjalanan panjang ke luar kota, jika hal itu tidak dapat dihindari, setidaknya carilah peluang untuk membuatnya menyenangkan. Kamu bisa mendengarkan podcast favorit, mengobrol dengan teman seperjalanan, atau putar musik yang bagus!

11) Tetapkan niat harian
Setiap pagi, coba tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang saya perlukan agar hari ini menyenangkan?” dan kemudian tetapkan niat harian kamu. Ini adalah pertanyaan yang kuat karena beberapa alasan. Ini bisa membantumu mengidentifikasi prioritas pada daftar tugas. Pertanyaan ini juga bisa mengingatkan untuk memikirkan kesejahteraanmu. Kamu memang sibuk dan perlu melakukan hal-hal sulit, tetapi kamu juga perlu menyediakan waktu untuk hal-hal yang bisa membuatmu merasa hidup, meskipun itu hanya sesuatu yang kecil. Mungkin ini berlawanan dengan intuisimu tetapi ketika kamu melakukannya, hidup akan terasa lebih mudah secara keseluruhan.

12) Sederhanakan keuanganmu
Buatlah anggaran dan pertahankan! Bersikaplah realistis dan buat rencana yang mencerminkan kebiasaan melakukan pengeluaran untuk hal yang kamu butuhkan, bukan yang inginkan. Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi perencana keuangan dan sinkrinisasikan dengan perbankan online agar kamu bisa disiplin menabung dan melakukan pengeluaran penting secara otomatis. Setelah semua kamu lakukan dan masih memiliki sisa uang, gunakanlah uang terakhir itu untuk membuat hidupmu lebih mudah seperti pergi ke salon mobil, berinvestasilah pada terapis spa and massage atau apa pun yang kamu butuhkan.

13) Santai dan nikmati proses
Berhentilah bersikap terlalu keras pada diri sendiri yang memaksa untuk segera meraih impianmu. Lepaskan ekspektasi yang tidak realistis, dan belajarlah menikmati perjalanan hidup. Jangan pernah lupa bahwa kamu hanya dapat melakukan banyak hal pada hari tertentu. Semua orang memiliki batasan, tidak peduli seberapa banyak kamu bersikeras untuk “terburu-buru” mencapai tujuanmu. Terkadang memberi izin kepada diri sendiri untuk rileks dalam perjalanan adalah langkah yang paling menantang.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan