Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Alasan Hobi Baik untuk Kesehatan Mental

Foto Ilustrasi Berkebun

Topcareer.id – Memiliki hobi lebih dari sekadar melakukan sesuatu yang menyenangkan, ini tentang mendedikasikan waktu dan energi untuk sesuatu yang bisa memberimu kegembiraan.

Memang tidak selalu mudah untuk menemukan waktu luang dari hari ke hari. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk benar-benar bisa melepaskan diri sejenak dari kewajiban, dan menikmati hobi kamu.

Ada banyak alasan untuk melakukan hobi, dan bagi banyak orang hobi memiliki manfaat kesehatan yang menempati urutan teratas. Berikut ini lima alasan kuat mengapa hobi baik untuk kesehatan mental.

Tingkat keterlibatannya meningkatkan gairah hidup
Hobi datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mereka bisa kreatif, akademis, fisik atau sekadar santai. Beberapa opsi paling populer meliputi: Olahraga, bermusik, melukis, membaca, menulis, berkebun, dan memancing.

Perbedaan utama antara melakukan hobi dan hanya melakukan sesuatu yang menyenangkan adalah tingkat keterlibatannya. Menonton serial TV memang menyenangkan, tetapi aktivitas semacam itu jarang memenuhi kebutuhanmu akan makna atau tujuan.

Baca juga: 5 Tips Jaga Kesehatan selama Musim Hujan di tengah Pandemi COVID-19

Mengurangi stres
Hidup jaman sekarang lebih sibuk dari sebelumnya. Hobi menawarkan cara terbaik untuk melepas lelah dari rutinitas harian kamu dan menjauh dari situasi stres.

Hobi yang kamu sukai bisa membantumu merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan lebih siap untuk menangani banyak pemicu stres dalam hidup.

Hobi menurunkan perasaan cemas atau depresi
Saat kamu mengalami perasaan depresi atau kecemasan yang merasuk dan benih keputusasaan tersebar dalam hidupmu. Hobi akan memberi cara aktif bagi kamu untuk melawan perasaan tersebut dan memulihkan kesehatan mental kamu.

Membantumu menemukan kembali minat dan kekuatan
Saat kamu berusaha untuk pulih dari beragam tekanan, mengejar hobi dapat membantu kamu menemukan kembali siapa dirimu sebenarnya.

Saat kamu terlibat dalam aktivitas yang memicu minat, melibatkan bakat, dan memacu kekuatanmu, maka kamu akan ingat bahwa dirimu lebih hebat dari sekadar masalah yang mengganggu.

Manfaat kehidupan sosial
Jika kamu mendaftar ke suatu komunitas atau kelompok yang sesuai dengan hobi, maka berpartisipasi dalam aktivitas kelompok itu menjadi cara yang luar biasa untuk meningkatkan kesejahteraan mental kamu. Olahraga khususnya adalah penguat suasana hati yang alami. Berkumpul dalam kelompok hobi bisa meningkatkan hubungan sosial kamu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply