Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Jangan Bingung, Ini Beda Mobil Hybrid, Plug In Hybrid, dan Electric Vehicle (EV)

Topcareer.id – Teknologi baru kendaraan khususnya mobil saat ini terus bermunculan. Semua berlomba menyediakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Hal ini sering kali membuat orang bingung membedakannya dan bahkan penjual mobil pun terkadang kesulitan untuk menjelaskan teknologi terbaru mereka dengan jelas.

Banyak konsumen menganggap kehadiran teknologi mobil listrik (EV) berarti akhir dari mobil dengan mesin bensin.

Baca Juga: Mobil Baru Dikenai Pajak 0% Mulai Maret, Cek Ini Kriterianya

Dalam artikel ini akan dijelaskan perbedaan tentang apa itu mobil jenis Hybrid, Plug In Hybrid dan Electric Vehicle (EV) beserta contohnya.

Mobil Hybrid
Mobil jenis Hybrid memiliki dua buah mesin yakni mesin bahan bakar bensin dan motor listrik. Kedua mesin tersebut bekerjasama untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar. Motor listriknya berfungsi untuk menggerakkan mobil ketika pemiliknya kehabisan bensin sehingga bisa melanjutkan perjalanan untuk mencari pom bensin. Terkadang, kedua mesin bekerja sama untuk menambah tenaga mobil. Baterai di mobil Hybrid diisi dengan cara menangkap energi kinetik dari proses pengereman dan pasokan listrik langsung dari mesin bensin.

Contoh mobil Hybrid antara lain Honda Accord Hybrid, Lexus RX 450h dan Toyota Prius, Toyota Camry Hybrid, Toyota Corolla Cross Hybrid.

Mobil Plug In Hybrid
Ini adalah jenis mobil Hybrid bertenaga bensin dengan baterai yang jauh lebih besar dan memiliki sarana untuk mengisi ulang menggunakan sumber daya eksternal. Mesin bensin mobil ini pada dasarnya tidak aktif, saat baterai sudah penuh terisi daya. Mesin bensin akan menjadi hidup saat baterai habis dan memungkinkan kendaraan terus berjalan tanpa gangguan. Mobil Plug In Hybrid juga menggunakan pengereman regeneratif untuk menghemat bahan bakar.

Contoh kendaraan hybrid plug-in termasuk BMW 530e, BMW i8, Toyota Prius Prime, dan Volvo XC90 T8.

Electric Vehicle (EV) atau mobil listrik
Mobil listrik (EV) memiliki baterai yang cukup besar dan motor listrik yang cukup bertenaga untuk memberikan jangkauan dan performa yang memadai tanpa perlu menyertakan mesin atau bensin sama sekali. Jenis mobil ini tentunya sudah banyak dikenal karena popularitasnya di dunia yakni Tesla.

Contoh mobil listrik (EV) adalah Tesla, Hyundai Ioniq, Hyundai Kona, Lexus UX300e.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan