Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Mengenal Clubhouse yang Kini Viral di Kalangan Para Elitis

Topcareer.id – Clubhouse adalah aplikasi media sosial berdasarkan audio-chat. Pengguna dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik tentang berbagai topik. Mirip seperti mendengarkan podcast tetapi ini siaran langsung (LIVE) dan bisa saling bersahut-sahutan.

Uniknya, Clubhouse hanya khusus untuk yang diundang saja. Kamu tidak bisa hanya mendownloadnya dari App Store dan membuat akun. Kamu harus diundang untuk bisa bergabung. Elitisme dunia nyata, tetapi dijadikan virtual.

Saat bergabung, kamu bisa memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan. Semakin banyak informasi yang kamu berikan kepada aplikasi tentang minat kamu, semakin banyak ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi untuk kamu ikuti atau bergabung.

Baca Juga: Mengenal Anak Muda Pendiri Aplikasi Telegram

Ruang percakapannya seperti panggilan konferensi, ada beberapa orang berbicara di telepon dan sebagian besar mendengarkan. Setelah percakapan selesai, ruangan ditutup dan obrolan audio di ruang percakapan pun langsung menghilang sehingga tidak bisa diputar ulang.

Bagaimana cara mendapatkan undangan Clubhouse?
Untuk bergabung, pengguna Clubhouse yang sudah ada harus mengirim undangan dari aplikasi mereka untuk memberikan kamu akses agar bisa membuat akun. Jika diundang, kamu akan mendapat link ke nomor telepon kamu yang akan mengarahkanmu ke halaman pendaftaran di aplikasi.

Namun, pengguna Clubhouse hanya memiliki jatah terbatas sebanyak dua undangan untuk mengajak orang lain bergabung.

Gara-gara Elon Musk Clubhouse meroket
Clubhouse sudah ada sejak Maret 2020, ketika diluncurkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davidson dan Rohan Seth. Pada Mei 2020, Clubhouse hanya memiliki 1.500 pengguna, dan bernilai US $ 100 juta.

Tapi ketika Elon Musk menyelenggarakan obrolan audio di Clubhouse dengan CEO Robinhood Vlad Tenev. Acara tersebut memaksimalkan batas ruang percakapan aplikasi dan distreaming secara langsung ke YouTube.

Ini membantu mendorong Clubhouse ke puncak dan memicu perebutan undangan. Per 1 Februari 2021 Clubhouse sudah memiliki 2 juta pengguna. Clubhouse juga telah mengumumkan fitur-fitur baru yang akan datang, seperti tip, tiket, atau langganan, yang berguna untuk membayar para kreator secara langsung di aplikasi.

Setelah mengumpulkan dana baru sejak diluncurkan, Clubhouse kini bernilai US $ 1 miliar, dan dianggap sebagai startup Unicorn seperti AirBnb, Uber, dan SpaceX.

Sayangnya Clubhouse hanya tersedia bagi pengguna Apple iPhone. Karena aplikasi ini hanya untuk iOS, bukan Android. Untuk bisa digunakan para pengguna Android masih sebatas rencana.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply