Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Aktivitas Untuk Jaga Jantung Sehat

Sumber foto: Medical News Today

Topcareer.id – Jantung yang sehat membutuhkan olahraga agar lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Gaya hidup sehat dan aktif yang berkelanjutan sangat tepat untuk menjaga kesehatan jantung.

Olahraga memungkinkan jantung menjadi stabil dalam menjaga tekanan darah. Aktivitas ini memastikan jaringan tubuh menarik oksigen dari darah dengan lebih baik.

Akibatnya jantung akan bekerja lebih baik di bawah tekanan dan menjaga paru-paru kamu selalu penuh oksigen selama aktivitas intensitas tinggi.

Nah, berikut ini lima aktivitas yang bisa kamu lakukan secara rutin untuk jantung sehat:

Makan sehat
Meluangkan waktu untuk merencanakan dan menyiapkan menu makanan yang sehat akan memberi kamu kesempatan yang lebih baik untuk menghindari pilihan kalori tinggi pada sore hari. Makanan harus terdiri dari lemak baik seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, salmon, dan sedikit gula.

Baca juga: Ini Bahaya Yang Dihadapi Pengangguran Jangka Panjang

Tidur cukup
Ini sangat sering terabaikan, padahal tidur sangat penting untuk mengatur jantung. Kualitas tidur yang baik bisa menurunkan detak jantung secara teratur. Tidur malam antara tujuh dan delapan jam disarankan untuk orang dewasa berusia 25 tahun ke atas oleh US National Sleep Foundation.

Berjalan / berenang
Jalan-jalan di luar rumah menawarkan beberapa manfaat besar tidak hanya untuk kesehatan jantung tetapi juga kesehatan mental. Berjalan cepat dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes seperti halnya berlari, menurut sebuah studi yang dilakukan di Lawrence Berkeley National Laboratory, Life Science Division di Berkley, California.

Sementara berenang adalah aktivitas yang luar biasa untuk meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru. Kedua aktivitas ini dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan menjaga kadar kolesterol.

Yoga
Penelitian menunjukkan yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kombinasi dari mempraktikkan postur yoga (yang melatih otot), pernapasan (yang dapat membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah), serta relaksasi dan meditasi tampaknya berdampak positif pada jantung kamu.

Meditasi / pernapasan diafragma
Aktivitas ini bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan. Pada gilirannya, ini dikenal untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah, sekaligus mengurangi produksi hormon berbahaya. 10 menit meditasi dua hingga tiga kali seminggu cukup untuk menenangkan diri.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan