Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Keuntungan Melanjutkan Pendidikan S2

Topcareer.id – Saat ini program pendidikan S2 dan S3 banyak diminati bagi mereka yang ingin berkiprah di ranah akademik, terutama yang bercita-cita menjadi dosen atau pengajar.

Namun, menurut Direktur Pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Heri Kuswanto, tidak ada salahnya untuk melanjutkan jenjang pendidikan hingga S3, bahkan untuk kamu yang bertekad menjadi wirausahawan.

Karena dengan melanjutkan pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi tersebut, maka terkadang seseorang akan menemukan hal baru yang tak mereka temukan di dalam pekerjaan mereka sebelumnya.

Baca juga: Ini Tanda Kamu harus Update Gaya Pakaian Kerja untuk WFH

“Yang mana tidak menemukan suatu hal baru tersebut dapat memicu kebosanan dalam bekerja. Sehingga memutuskan untuk melanjutkan S2 adalah pilihan yang tepat untuk diambil,” ujarnya dalam webinar Dialog Pasca Kampus, Sabtu (6/2/2021).

Selain itu, Alumnus ITS itu juga menyebutkan beberapa keuntungan lainnya bagi mereka yang memegang gelar master hingga doktor. Salah satunya kesempatan untuk memperoleh pendidikan lintas ilmu, yang mana banyak dibutuhkan di dunia kerja.

“Contohnya pada jenjang S1 mahasiswa mengambil Teknik Elektro, sedangkan S2 melanjutkan di Manajemen. Dengan begitu ilmu yang didapatkan menjadi lebih luas dan kaya,” tuturnya.

Meski mendatangkan beberapa keuntungan, kita juga diminta untuk mempertimbangkan dengan matang apabila berniat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, terutama faktor biaya dan waktu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply