Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Per 4 Maret 2021, 12 Juta Vaksin Telah Terdistribusi ke Seluruh Indonesia

Vaksin. Sumber foto: wsj.com

Topcareer.id – Program vaksinasi Covid-19 masih berjalan di Indonesia, di mana sudah menyentuh kalangan tenaga kesehatan, pekerja pelayanan publik, hingga lansia. Hingga 4 Maret 2021, sebanyak 12 juta vaksin telah didistribusikan ke seluruh Indonesia.

“Hingga hari ini sudah lebih dari dua juta orang sudah disuntik vaksin dan sebanyak 12 juta vaksin telah didistribusikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota,” kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan resminya, Kamis (4/3/2021).

Presiden mengatakan, agar tercapai kekebalan kelompok diperlukan vaksinasi terhadap 70 persen penduduk Indonesia atau sekitar 182 juta jiwa.

Untuk kebutuhan vaksinasi tersebut, Presiden menyampaikan sejak awal Pemerintah telah melakukan berbagai pendekatan untuk memperoleh vaksin Covid-19, baik melalui skema pemerintah ke pemerintah (G-to-G) maupun langsung ke produsen vaksin.

“Hingga kini kita telah memiliki 38 juta dosis vaksin Covid-19, 3 juta dosis vaksin dalam bentuk sudah jadi dan 35 juta dalam bentuk bahan baku vaksin. Insyaallah juga di bulan Maret ini akan datang lagi vaksin dari AstraZeneca sebanyak 4,6 juta dosis vaksin jadi,” ungkap Kepala Negara.

Baca juga: Mendikbud Anjurkan Penggunaan Dana BOS Untuk Pembelajaran Tatap Muka

Presiden Jokowi meminta kepada pemerintah daerah untuk lebih cepat dalam melaksanakan vaksinasi di daerah masing-masing. Hal itu bertujuan demi membentuk kekebalan kelompok/herd immunity.

Kepala Negara mengatakan, percepatan vaksinasi menjadi salah satu kunci untuk mengendalikan laju penularan COVID-19 dan menanggulangi pandemi. Oleh karena itu, pelaksanaan vaksinasi ini harus terus bergulir ke semua provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia.

“Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur dilanjutkan dengan Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, semuanya akan memulai secara besar-besaran proses vaksinasi yang tentunya kita harapkan juga didukung oleh distribusi vaksin yang baik,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan