Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, April 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Kebiasaan Harian Yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh (Bagian 2)

Ilustrasi. Sumber foto: Health MagazineIlustrasi. Sumber foto: Health Magazine

Topcareer.id – Di tengah ketatnya pembatasan yang diberlakukan oleh negara, kita harus mampu menjaga kesehatan kita secara mandiri.

Pola makan yang sehat dan seimbang, serta cukup nutrisi, memainkan peran kunci dalam sistem kekebalan yang kuat.

Tetapi, di luar itu, waspadalah! Ada sejumlah kebiasaan, baik aktivitas ataupun makan, yang membuat sistem kekebalan tubuh justru menurun.

Berikut ini 10 kesalahan yang bisa melemahkan sistem imun dan harus dihindari:

Bagian kedua dari artikel:

Makan kue kering dan makanan penutup seharian setiap hari
Mengkonsumsi karbohidrat sederhana yang tidak mengandung serat seperti makanan kemasan, kue, permen dan kue kering bisa mengganggu keseimbangan gula darah.

Selain itu makanan ini hanya memberikan rasa kenyang untuk waktu yang singkat dan membuat kamu makan lebih banyak di waktu makan berikutnya. Sehingga menyebabkan kamu bertambah berat badan dengan tidak sehat, karena kandungan kalorinya yang tinggi.

Terlalu sedikit atau terlalu banyak vitamin C
Vitamin C berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi. Karena vitamin C tidak dapat disimpan oleh tubuh, pastikan untuk rutin mengonsumsi buah jeruk, sayuran hijau, paprika, kiwi, dan tomat.

Namun, banyak orang yang malas mengonsumsi buah dan sayur lantas menggunakan suplemen vitamin C tanpa pengawasan medis sehingga justru membahayakan dan bisa menyebabkan batu ginjal.

Mengabaikan saran persiapan makanan
Penting bagi kamu untuk memperhatikan bagaimana makanan disiapkan untuk memastikan nilai gizinya tetap terjaga. Misalnya, karena sifat sensitif vitamin C terhadap panas, cahaya, dan oksigen, maka buah dan sayuran harus dikonsumsi sesegera mungkin dan tanpa memotongnya dengan pisau logam sebanyak mungkin.

Makan makanan mentah atau terlalu matang
Kamu harus memperhatikan ada makanan tertentu yang tidak boleh terlalu matang atau dikonsumsi mentah. Untuk daging misalnya, disarankan dimasak dengan baik agar bakteri E.coli tidak membahayakan.

Untuk mengonsumsi telur sebaiknya direbus, jangan digoreng. Ketika merebus juga cukup sampai setengah matang agar bakteri baiknya tidak musnah dan tidak membentuk kolesterol jahat.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan