Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Setahun Covid-19: Kisah-Kisah Karyawan yang Tetap Bekerja di Masa Pandemi

Topcareer.id – Satu tahun sudah virus corona mewabah di Indonesia, tepatnya tanggal 2 Maret 2020 sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua kasus pertama kasus virus corona.

Keduanya merupakan ibu dan anak yang diketahui terinfeksi virus usai melakukan kontak dengan seorang WNA asal Jepang.

Beragam upaya telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengatasi serangan virus baru ini. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pun dibentuk dan terus bekerja keras untuk menghadapi gempuran virus corona hingga kini.

Langkah terbaru pemerintah salah satunya adalah dengan mengadakan program vaksinasi massal setelah mengetahui vaksin antivirus sudah lulus uji coba.

Baca Juga: Setahun Pandemi: Mengintip Suka Duka WFA

Dari sisi kehidupan masyarakat pun pandemi virus corona telah banyak merubah tatanan hidup dengan adaptasi kebiasaan baru. Banyak perusahaan merumahkan sementara karyawannya, bahkan sebagian yang tidak beruntung terpaksa gulung tikar dan mem-PHK pekerjanya.

Namun tidak semua perusahaan dan profesi dalam masyarakat semua lantas menjadi berhenti beroperasi sama sekali. Driver ojek online misalnya, mereka tetap menjalankan pekerjaannya keluar rumah setiap hari.

“Yang paling dirasakan ya jumlah orderan yang menurun drastis, penyebabnya banyak karyawan yang bekerja dari rumah, anak sekolah yang libur, mereka sekolah dari rumah, otomatis pengguna jasa kami semakin sedikit, belum lagi harus bersaing dengan ojol lain.” kata Ubaldi Halim kepada Topcareer.id.

Salah satu kendala yang ia alami selain order yang menurun juga sulitnya menjemput penumpang yang bertempat tinggal di perumahan atau komplek karena banyak jalan ditutup.

Baca Juga: Begini Perubahan Tren Pekerjaan ASN di Era New Normal

“Kalau masuk komplek saya gak tahan sama portalnya, jalanan ditutup di mana-mana, nggak tau pengaruhnya apa.” ujarnya sambil tertawa.

Selain driver online, juga ada profesi lain seperti dosen yang tetap harus bekerja, tak hanya Working From Home (WFH), namun juga harus tetap datang ke kampus untuk menyelesaikan beragam tugas selain mengajar.

“Tidak hanya WFH, saya sebagai dosen juga harus masuk ke kampus dua kali dalam seminggu. Protokol kesehatan yang saya lakukan mencuci tangan sebelum masuk ruangan, dan dari rumah saya sudah memakai masker.”kata Euis Winarti, MM dosen LP3i Jakarta Pusat.

Protokol kesehatan menjaga jarak fisik pun Euis lakukan saat bekerja di kantor dengan menjaga batasan jarak dengan rekan kerja. Kuota 25% karyawan yang bergiliran masuk kantor mempermudahnya untuk bekerja sambil menerapkan prokes dengan baik.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan