Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Awas! Kualitas Udara Buruk Sebabkan Korosi. Ini Penjelasannya

Foto Ilustrasi Polusi Udara (pixabay)

Topcareer.id – Korosi adalah proses pembusukan suatu material yang disebabkan oleh reaksi kimia dengan lingkungannya. Korosi logam terjadi ketika permukaan yang terbuka bersentuhan dengan gas atau cairan, dan prosesnya dipercepat oleh paparan suhu hangat, asam, dan garam.

Semua bahan alami dan buatan manusia bisa mengalami pembusukan, dan tingkat polusi di udara dapat mempercepat proses terjadinya korosi.

Alasannya adalah kontaminan yang terbawa udara seperti partikel tertentu tercipta karena reaksi kimia antara cairan dan padatan. Cairan dan padatan yang sama ini, termasuk garam dan karbon hitam dapat berinteraksi dengan molekul di dalam logam dan mempercepat pembusukan.

Sulfur dioksida yang dihasilkan oleh emisi pembangkit listrik dan emisi kendaraan merupakan kontributor korosi terbesar.

Baca Juga: Awas, Polusi Udara dalam Ruangan Juga Berbahaya!

Tingkat sulfur dioksida yang tinggi dapat merusak pohon dan tanaman dengan merusak dedaunan dan menghambat pertumbuhan di masa depan.

Sulfur dioksida tidak hanya membuat material logam lebih mudah berkarat akibat korosi, tetapi juga memiliki beberapa efek kesehatan yang berbahaya. Badan Perlindungan Lingkungan A.S. (EPA) telah menemukan bahwa paparan jangka pendek terhadap sulfur dioksida dapat memperburuk gejala asma dan membuat sulit bernapas.

Apa Pengaruh Korosi?

Beberapa efek korosi bisa mudah terlihat pada kerusakan yang signifikan pada monumen alam yang bersejarah. Kualitas udara yang buruk akibat polusi terbukti menyebabkan korosi.

Salah satu konsekuensi pencemaran udara yang jarang dibicarakan adalah efek korosi pada material buatan manusia di seluruh dunia.

Hal yang paling terlihat ada pada material yang dekat dengan kehidupan sehari-hari seperti kendaraan, alat pemanggang, furnitur luar ruangan, peralatan rumah tangga, kompor, AC ruangan, semua bisa mengalami karat akibat korosi dari kualitas udara buruk.

Korosi juga bisa merusak infrastruktur penting seperti jalan raya yang diperkuat baja, menara listrik, hingga struktur jembatan.

Singkatnya, waspadalah terhadap korosi akibat kualitas udara yang buruk, agar kamu dapat memahami bagaimana degradasi tersembunyi ini berdampak pada kehidupanmu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan