Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Demi Kesetaraan Gender, Kemenpora Buat Timnas Sepak Bola Wanita

Menpora, Zainudin Amali. Dok/Kemenpora

Topcareer.id – Olahraga sepak bola memang menjadi daya tarik tersendiri. Oleh karena itu kompetisi sepak bola antar sekolah hingga tingkat internasional menjadi pertandingan yang selalu dinanti.

Namun demi menyuarakan kesetaraan gender, tahun ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membuat suatu gebrakan baru, dengan membuat skuad Tim Nasional (Timnas) sepak bola wanita Indonesia.

Tim ini akan langsung dipersiapkan untuk mengikuti ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

“Sekarang ini memang eranya kita harus serius mendorong kesetaraan gender di segala segi kehidupan. Termasuk di urusan sepak bola. Ini apresiasi kepada PSSI bukan hanya bicara tapi benar-benar menampilkan kesetaraan gender,” ujar Menpora, Zainudin Amali di Jakarta pada Senin (8/3/2021).

Baca juga: Covid-19 dan Penutupan Sekolah Bahayakan Masa Depan Perempuan

Lebih lanjut Menpora mengatakan, nantinya untuk event sepakbola wanita, di tingkat nasional akan digelar Piala Kartini dan juga pertandingan di Pekan Olaharga Nasional (PON).

Sementara di tingkat internasional, timnas wanita ini dapat berlagak di ajang Sea Games dan Asian Games.

Hal ini pun mendapat respon positif dari masyarakat, terutama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

“Contohnya kalau kita bicara sepakbola pasti identik dengan laki-laki. Tapi sekarang ini dengan dilaunching timnas sepakbola perempuan ini akan membuka wawasan di masyarakat yang sudah terbangun konstruksi sosial.”

“Mudah-mudahan ini menjadi bola salju yang terus menggelinding, tidak hanya timnas. Kalau ada event ini akan memotivasi para perempuan untuk bermain sepakbola,” pungkasnya dalam kesempatan yang sama.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan