Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

10 Pekerjaan yang Identik Pria, Kini Digeluti Wanita (Bagian 2)

Astronot di film Gravity. (dok. Fox News)

Topcareer.id – Perkembangan jaman telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang pekerjaan profesional. Kesetaraan gender di bidang pekerjaan semakin nyata. Faktanya saat ini semakin banyak wanita memiliki peluang untuk bisa bekerja di berbagai bidang.

Peringatan Hari Wanita Internasional juga menandai tentang kebangkitan wanita yang semakin terdorong untuk bisa mengejar karier yang lebih luas.

Saat ini perbedaan gender sudah tidak bisa menjadi alasan seseorang untuk merasa lebih sukses daripada wanita. Hampir semua bidang profesional yang dulunya didominasi oleh pria, kini para wanita pun telah banyak ambil bagian di dalamnya.

Baca Juga: Mengapa Baju Astronot Ada yang Berwarna Oranye dan Putih? Ini Bedanya

Baca Juga: Sama-Sama Pilot, Ibu dan Putrinya Terbangkan Pesawat Komersil Bersama

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pekerjaan yang pada awalnya hanya dilakukan oleh pria, namun sekarang wanita juga ikut mejalani pekerjaan tersebut.

Bagian kedua dari artikel:

6) Olahraga berat
Cabang olahraga berat seperti angkat besi pasti lebih pas membayangkannya jika pria yang melakukannya. Tapi sekarang cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan khusus ini juga dilakukan oleh wanita. Sri Wahyuni Agustiani, atlet wanita dari cabang olahraga angkat besi ini pernah menyumbangkan medali untuk Indonesia dari ajang olahraga internasional seperti Olimpiade dan Asian Games.

7) Fotografer
Selama ini orang beranggapan fotografer merupakan profesi yang hanya bisa dilakukan pria karena wanita dinilai akan kesulitan menggunakan rumitnya teknologi kamera dan teknik fotografi. Namun sekarang minat wanita untuk mempelajari dan menguasai seni fotografi sudah tinggi dan tak kalah dengan pria.

8) Pembalap
Menjadi seorang pembalap memiliki risiko yang tinggi, hingga nyawa pun bisa menjadi taruhannya. Tak mudah menjadi pembalap apalagi bagi seorang wanita. Namun, kini sudah semakin banyak pembalap wanita, bahkan mereka cukup berprestasi.

9) Astronot
Profesi ini juga masih dianggap milik kaum pria, Padahal sudah sejak tahun 80-an astronot wanita juga sudah ada yang ikut dalam misi ke luar angkasa. Saat ini sudah banyak wanita dari berbagai negara yang menjadi astronot.

10) Bartender
Selama ini orang mengenggap profesi bartender kurang sesuai untuk perempuan karena cukup identik dengan kerja malam sampai pagi hingga akrab dengan minuman beralkohol. Siapa sangka wanita kini telah meruntuhkan stigma tersebut. Bahkan kinerja mereka tak kalah dengan bartender laki-laki. **(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan