Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

7 Kebiasaan yang Bisa Membantumu Bebas dari Kelelahan Zoom (Bagian 2)

Topcareer.id – Zoom fatigue atau kelelahan akibat Zoom menjadi masalah nyata selama setahun pandemic ini. Bahkan menurut Linda Mota, CEO Topanga HR, ini adalah faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan penyakit mental seperti kecemasan dan kelelahan.

“Kontak mata close-up yang konstan sangat intens dan tidak alami menjadi sulit untuk dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Beban kognitif dalam video call jauh lebih tinggi daripada secara langsung, karena otak kita harus bekerja lebih keras untuk mengirim dan menerima informasi,” kata Mota, mengutip dari Ladders.

Jika kamu mulai merasa lelah karena video call, berikut tujuh kebiasaan yang akan membantumu mengatasi Zoom fatigue, melansir dari Ladders.

4. Tukar beberapa panggilan video dengan yang audio

Jika kamu memiliki pertemuan empat mata yang sedikit kurang formal, mengapa tidak menggantinya dengan pertemuan audio sehingga kamu dapat berjalan dan berbicara sambil menghirup udara segar. “Udara segar dan olahraga akan membuatmu merasa fokus dan berenergi,” kata Mota.

5. Lebih rajin perawatan diri

Sangat menggoda untuk melewatkan perawatan diri saat kamu sangat membutuhkannya. Pastikan bahwa kamu tetap rajin menjadwalkan me-time seperti saat menangani kewajiban dan tanggung jawabmu.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan Remote

Dari membaca buku hingga berolahraga, dari meditasi hingga mandi atau menonton acara favoritmu, pilih sesuatu yang membantumu rileks dan melepaskan diri.

6. Bicaralah dengan timmu

Akan jauh lebih mudah untuk menerapkan kebiasaan positif tersebut dengan dukungan dari atasan dan timmu. Mota merekomendasikan untuk berbicara dengan kolega dan manajermu tentang kelelahan Zoom dan menyelaraskan rencana permainan.

“Ini bisa terlihat seperti menerapkan hari tanpa pertemuan setiap minggu, aktivitas kelompok setiap Jumat sore dengan obrolan grup terbuka, keputusan untuk membuat rapat singkat atau membiarkan kamera dimatikan untuk rapat tertentu. Keterbukaan pikiran adalah kuncinya.”

7. Minta waktu istirahat

Hanya karena kamu bekerja dari jarak jauh, bukan berarti kamu tidak perlu liburan. Dengarkan tubuhmu dan perhatikan isyarat yang benar-benar kamu butuhkan untuk mundur selangkah sebelum benar-benar ambruk.

“Bekerja dari rumah bukan berarti tidak perlu istirahat. Jika kamu merasakan efek kelelahan Zoom, mungkin ini saatnya untuk mengambil satu hari untuk istirahat atau meminta beberapa hari liburan untuk beristirahat dan memulihkan diri,” kata Mota.**(Feb)

Tinggalkan Balasan